Payakumbuh Selatan Wakili Kota Payakumbuh ke Lomba GSI Sumbar

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.COM -Kecamatan Payakumbuh Selatan keluar sebagai juara Lomba Kecamatan Sayang Ibu (GSI) di Kota Payakumbuh, Tahun 2014.

Atas keberhasilan ini, Kecamatan Payakumbuh Selatan maju ke lomba yang sama tingkat provinsi yang penilaiannya dijadwalkan medio Oktober mendatang.

Penetapan Payakumbuh Selatan sebagai Kecamatan Sayang Ibu, bukanlah sesuatu yang instan. Sejak lima tahun terakhir, kecamatan berpenduduk sekitar 10.000-an jiwa ini sudah fokus menyukseskan program yang menyangkut dengan GSI.
Seperti sosialisasi pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat kelurahan dan ibu hamil. Disetiap kelurahan sudah dibentuk pokja-pokja kelurahan sayang ibu. Kaum ibu yang masih produktif didorong untuk menjadi pelopor dan berpartisipasi memelihara ibu hamil.

Di setiap RW di sembilan kelurahan di Payakumbuh Selatan aktif melakukan kegiatan posyandu, setiap bulan. Ibu-ibu hamil disetiap kelurahan tak boleh absen datang ke posyandu. Tenaga terlatih disetiap posyandu mampu memberikan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil bersangkutan. “Kita benar-benar mengayomi seluruh ibu hamil. Dan program ini mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat,” tambah Sekcam B. Nasution.

Camat Payakumbuh Selatan Herlina, SH didampingi Sekretaris Kecamatan Drs. H. B. Nasution, di Balaikota Payakumbuh, Rabu (24/9), menginformasikan, ibu-ibu hamil di Kecamatan Payakumbuh Selatan tak perlu resah dalam melahirkan. Sekalipun tengah malam mau melahirkan, tetangga di lingkungan yang bersangkutan akan turut secara sukarela membantu untuk mengantarkan ibu hamil dimaksud ke tempat persalinan. Kesadaran warga untuk ini, sangatlah tinggi, kata camat dan sekcam.

Di Kecamatan Payakumbuh Selatan saat ini, jumlah pasangan usia subur 1.804 orang dan sebanyak 75 (4,1%) ibu di antaranya tengah hamil muda dan hamil tua. Ibu hamil sudah terdata lengkap disetiap RT dan RW diseluruh kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Selatan.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*