Payakumbuh Terima Penghargaan ISCN dari PT Telkom Indonesia

Payakumbuh Terima Penghargaan ISCN dari PT Telkom Indonesia

Payakumbuh Terima Penghargaan ISCN dari PT Telkom Indonesia

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kota Payakumbuh bersama Padang (Sumbar), Tanjung Pinang (Kepri) dan Banda Aceh (NAD), empat kota di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut),  dinilai PT Telkom Indonesia yang cukup serius dalam mengembangkan e-government.

Keempat kota tersebut, oleh PT Telkom Indonesia diberikan penghargaan  Implementasi Smart City Nusantara Tahun 2016. Payakumbuh, satu-satunya kota di luar ibukota provinsi yang memperoleh penghargaan itu.

Penghargaan Implementasi  Smart City Nusantara (ISCN) itu, diserahkan  GM PT Telkom Wilayah Sumbar, Darmawi kepada Walikota H. Riza Falepi, dalam acara di Balairung rumah dinas kediaman walikota, di Jalan Rky. Rasuna Said Payakumbuh, Selasa (16/8). Dihadiri Asisten II Setdako H. Amriul, Sekretaris Dishubkominfo Hendri Refdinal, M.Si dan Kabid Kominfo Armen.

Menurut GM PT Telkom Sumbar, Darmawi, penetapan 71 kota dan kabupaten di Indonesia yang memperoleh ISCN, dilakukan secara ketat oleh jajaran direksi, dua hari sebelumnya. Begitu nama kota dan kabupaten diumumkan, seluruh GM PT Telkom provinsi, diperintahkan direksi PT Telkom untuk mengantarkan penghargaan tersebut ke daerah penerima.

Menurut Darmawi, Payakumbuh sudah mempunyai jaringan  fiber optic (FO) yang cukup baik di Sumatera Barat. Tinggal lagi, bagaimana pemko memanfaatkan jaringan FO dimaksud, dalam mengembangkan dan membangun smart city ke depan.

Sebagai kota penerima ISCN, Payakumbuh diberi reward oleh PT Telkom, berupa 4 keuntungan  yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama setahun ke depan. Keempat bentuk reward itu, pemasangan wifi. Id pada 10 titik di kota ini, kemudia aplikasi pustaka digital, u. data dan k.baca. Seluruh aplikasi tersebut dapat diakses pemakai internet di kota ini, free selama setahun, kata Darmawi.

Walikota Riza Falepi, mengaku sangat senang dengan penghargaan PT Telkom Indonesia itu. Menurutnya, penghargaan ISCN akan mendorong pemko untuk terus mengembangkan dunia IT di Payakumbuh. “Kami ingin  maju seperti kota-kota besar lainnya di Jawa, dalam membangun IT. Hanya saja, kemapuan financial kota ini sangat terbatas sekali. Mudah-mudahan dengan perhatian dan pendampingan  PT Telkom buat Payakumbuh, kota ini akan lebih baik ke depan dalam menata pembangunan IT-nya,” sebut walikota.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*