PBG Dibuka Meriah, Pameran Ajang Promosi UMKM

Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar bersama anggota Forkopinda dan Ketua Dekranasda Dr. Henny Riza Falepi, menggunting pita tanda

Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar bersama anggota Forkopinda dan Ketua Dekranasda Dr. Henny Riza Falepi, menggunting pita.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Payakumbuh Barolek Godang (PBG), iven seni dan budaya  tahunan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Payakumbuh ke-45, di Taman Wisata Ngalau Indah, resmi dibuka Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, ditandai dengan pemukulan gendang  bersama Kapolresta AKBP Yuliani, SH, Dandim 0306/50 Kota Heru Sumitro, S.Pd, Kajari diwakili Heri Suroto, dan Sekdako Benni Warlis, Selasa (15/12).

Kegiatan tersebut, seperti dilaporkan Ketua Dekranasda  Payakumbuh,  Ny. Dr. Henny Riza Falepi,  akan berlangsung hingga 20 Desember mendatang. Saat pembukaan, juga hadir pimpinan SKPD, pimpinan perbankan, Kacab PLN, Dirut PDAM,  Ketua  GOW Ny. Hj. Suwandel Muchtar, pengurus Bundo Kanduang, Kepala dinas instansi sektoral dan undangan lainnya.

Banyak kegiatan yang digelar selama PBG itu, seperti pameran industri dan kerajinan, pameran pembangunan, pameran lukisan dan  pameran ikan hias. Selain itu juga digelar berbagai lomba-lomba, tari randai,   fashion show tenun Balai Panjang khusus pimpinan SKPD, mewarnai,  tari kreasi, lagu minang,  dan ikan cupang. Kemudian, juga ada Payakumbuh Fashion Karnaval, Pawai Budaya dan Lomba drum band pelajar.  Panitia menyediakan hadiah berupa trofi dan tabanas dalam lomba tersebut.

Menurut Ny. Henny, seluruh potensi Payakumbuh dilibatkan dalam PBG, mulai dari kelompok wanita tani, UMKM, komunitas seniman, pengrajin dan elemen masyarakat lainnya. Di arena pameran itu, tepat di hari ‘H’ 17 Desember 2015, diadakan pesta rakyat, makan siang bersama DPRD, pimpinan kota dan SKPD dengan ribuan warga kota.

Wakil Walikota Suwandel Muchtar dalam sambutannya mengatakan, sepanjang tahun 2015 merupakan tahun prestasi bagi Payakumbuh. Tidak hanya pemerintah daerah yang menuai prestasi nasional, tapi juga elemen masyarakat, pelajar juga merebut prestasi di tingkat nasional dan provinsi.

Di antara prestasi nasional yang diukir Payakumbuh, adalah opini WTP dari BPK dan Kemenkeu RI, piala Adipura, Kota Sehat, piala Wahana Tata Nugraha (WTN), juara nasional Lomba APN, juara nasiona  lomba B2SA, dan penghargaan Kota Layak Anak serta anugerah Pembina Karang Taruna Terbaik buat Walikota H. Riza Falepi.

Sementara itu, petani muda Payakumbuh, Deded Feri Andesta, juga beroleh peghargaan Wira Usaha Muda Nasional, disusul PKK Tiakar juara Lomba Makanan Beragam,  Bergizi, Sehat, Seimbang dan Aman tingkat nasional,  KWT  Bunga Melati Padang Alai juara lomba KWT Nasional 2015.

Usai pembukaan juga dilakukan parade fashion,  sekaligus lounching kain Tenun Balai Panjang, Payakumbuh Selatan, dibawakan oleh anggota Ikatan Uda Uni Payakumbuh. Pakaian tenun rancangan Ade Irma itu, sebelumnya juga pernah tampil di Jakarta Fashion Week, September 2015. Pembukaan PBG itu, diakhiri dengan kunjungan ke stand-stand pameran oleh wawako, anggota Forkopinda didampingi Ketua Dekranasda Ny. Henny dan pimpinan SKPD lainnya.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*