Pekan Kreatif ABK ke-VI PLB Rayon I Sumbar di Payakumbuh Mulai Digelar, Empat SLB di Hari Kedua Rebut Medali Emas

Pekan Kreatif ABK ke-VI PLB Rayon I Sumbar di Payakumbuh Mulai Digelar, Empat SLB di Hari Kedua Rebut Medali Emas

Pekan Kreatif ABK ke-VI PLB Rayon I Sumbar di Payakumbuh Mulai Digelar, Empat SLB di Hari Kedua Rebut Medali Emas

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pekan Kretaif  Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) ke VI PLB Rayon I Sumatera Barat di Payakumbuh mulai di gelar sejak Kamis,(20/10 ) di komplek SKB Kelurahan Padang Alai Kecamatan Payakumbuh Timur,berjalan dengan lancar,seru dan kocak.

Di Hari kedua kegiatan pekan Kreativ ABK itu,empat SLB berhasil merebut juara I,masing masing SLB Baso merebut medali emas cabang melukis,SLB Padang Panjang merebut medali emas cabang keterampilan dari bahan bekas,SLB A Payakumbuh merebut medali emas cabang literasi bercerita siswa,serta SLB Center Payakumbuh berhasil merebut medali emas untuk cabang Solo Song (Nyanyi Tnggal).

Untuk medali perak dan perunggu ke empat cabang itu masing masing SLB Luak Nan Bungsu dan SLB Tarantang merebut medali perak dan perunggu cabang melukis. SLB YPPAT Lubuak Sikapiang dan SLB Peduli Anak Bangsa Payakumbuh merebut perak dan perunggu cabang Keterampilan dengan barang bekas,SLB YPPAT Lubuak Sikaping dan SLB C Payakumbuh merebut perak dan perunggu cabang Literasi bercerita untuk siswa,serta SLB Peduli Anak Bangsa serta SLB Al Azhar Bukittinggi,merebut medali perak dan perunggu cabang Solo Song.

PK-ABK ke VI Rayon I Sumbar yang meliputi Payakumbuh, Limapuluh Kota, Bukittinggi, Kabupaten  Agam, Pasaman,Pasaman Barat,Padang Panjang,dan Batusangkar itu,diikuti 569 orang guru dan siswa ,yang terdiri dari 380 orang siswa,189 orang guru dan pendamping, serta serta utusan dua kelompok (Regu) dari Provinsi Riau.

Pekan Kreativitas anak berkebutuhan khusus ke VI PLB se Rayon I Sumatera Barat itu, di buka oleh Walikota Payakumbuh diwakili Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri Sy.S.Pd,dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat dan Kasi Program Dirjen PKLK Depdikbud RI,Fadilla, serta Kepala Sekolah PLB se Rayon I Sumatera Barat dan utusan Propinsi Riau.

Kegiatan ini akan berlangsung dari 19 sampai 22 Oktober 2016 dengan agenda kegiatan setelah upacara pembukaaN, diawali dengan pawai keliling kota Payakumbuh, mempergunakan 52 buah bendi hias, dilepas oleh Fadilla utusan Dirjen PKLK Depdikbud RI.

Selesai Pawai, dilanjutkan dengan,gebyar Pameran, di depan tapak kemah masing masing menampilkan berbagai hasil keterampilan masing masing sekolah peserta, malamnya dilanjutkan dengan Literasi Guru.

Pada hari kedua Jumat,setelah senam pagi bersama,diadakan lomba melukis, keterampilan dengan bahan bekas, literasi siswa,lomba bola voly,penjelajahan,dan malamnya nyanyi solo,terakhir nanti  api unggun,ujar Irwansyah S.Pd kepada Wartawan di sela sela menyaksikan anak asuknya mengikuti lomba.

Menurut Irwansyah, pembelajaran bagi anak ABK akan lebih bermakna,apabila setiap anak dapat melihat,melakukan dan terlibat langsung dalam proses.Hal itu biasanya dapat dilakukan dalam bentuk praktek secara langsung dibawah bimbingan guru dan pelatih.

Pembelajaran yang seperti  itu hanya dapat dilakuknan dalam kegiatan kepramukaan, seperti sekarang ini yang kita kemas dalam pekan kreativ ABK, karena kegiatan kepramukaan akan membawa anak pada alam nyata yang sesungguhnya.Anak terlibat langsung dalam melatih kemandirian untuk diri sendiri,bergaul sesama teman,serta mempersiapkan kebutuhan selama kegiatan ke pramukaan berlangsung.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemandirian siswa ABK,menumbuh kembangkan sikap kreatvitas dari siswa,memberikan edukasi melalui kegiatan pramuka,bermain dan berkreasi,serta memberi kesempatan pada siswa untuk bersosialisasi dan bertemu sesama ABK di Rayon I PLB Sumatera Barat,sehingga  anak anak yang bekebutuhan khusus dapat mandiri,kreavititas mereka dapat tumbuh dan berkembang melalui kegiatan pramuka ini. Hasil lomba yang diadakan,diumumkan nanti sebelum api unggun sebagai puncak kegiatan,sekaligus penyerahan hadiah,tambahnya ketika ditanya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*