Pelajar Berprestasi SMAN 1 Payakumbuh Dilepas Walikota Riza ke AS

Pelajar Berprestasi SMAN 1 Payakumbuh Dilepas Walikota Riza  ke AS

Pelajar Berprestasi SMAN 1 Payakumbuh Dilepas Walikota Riza ke AS

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pelajar berprestasi terbaik dari SMAN 1 Payakumbuh, Ryandhani Aldi Yudiansyah, 17 tahun, dilepas Walikota H Riza Falepi bertolak ke Amerika Serikat (AS, red) dari ruang kerjanya di Balaikota di Bukik Sibaluik, Kamis (28/7). Aldi, panggilan akrab siswa tersebut sebelum terbang ke Negara Paman Sam, selama sepekan (1-8/8),  menjalani orientasi nasional di Jakarta.

Saat pamitan dengan Walikota Riza Falepi itu, Aldi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh H. Hasan Basri Sy, Kepala SMAN 1 Delfizal, M.Pd, guru pembimbing, serta kedua orang tua Aldi, mantan Asisten I Setdako Payakumbuh Drs. Richard Moesa dan Yelli Richard. Sementara itu, juga hadir Asisten I Setdako Yoherman, SH, Kabag Kesra Devitra, M.Si, serta sejumlah tokoh masyarakat Payakumbuh.

Belajar selama setahun di AS, bagian dari program Kementerian Dikbud RI untuk meningkatkan SDM anak bangsa ini. Program tersebut dibiayai sepenuhnya oleh pemerintahan AS.

“Jika Aldi mampu meraih nilai tertinggi di Amerika, tidak tertutup kemungkinan yang bersangkutan bakal mendapatkan beasiswa untuk kuliah pada salah satu universitas terbaik di Amerika,” jelas Kadisdik Hasan.

Sejak SD sampai menyelesaikan SMPN 1 dan hingga duduk di bangku kelas 3 di SMAN 1 Payakumbuh, dikatakan Hasan, Aldi selalu mengukir prestasi juara 1.

“Kita optimis Aldi bakal mampu menyesuaikan diri dan berprestasi  selama belajar di Amerika,” kata Hasan.

Di AS nanti, Aldi akan duduk di bangku kelas 3 setingkat SMA. Tapi, di sekolah mana Aldi ditempatkan, belum diperoleh konfirmasinya. Selain Aldi, juga tercatat 3 pelajar Padang, yaitu 2 siswa SMAN 10 dan satu pelajar SMAN 1. Selama mengikuti pendidikan, dikatakan, pembiayaanya ditangggung sepenuhnya pemerintahan setempat.

Setelah tamat di sekolah menengah atas di AS dengan mengantongi ijazah sekolah setempat, Aldi akan kembali ke Payakumbuh. Aldi, akan duduk kembali di kelas 3 dan nanti akan mengantongi ijazah lokal,  SMAN 1 dan setingkat SMA di AS.

Walikota Riza Falepi, selain menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan Aldi merebut tiket sekolah ke AS, juga menyemangati Aldi untuk lebih giat belajar di AS nanti. Walikota berharap, pengalaman sekolah di AS, bakal banyak membawa nilai positif bagi pelajar Indonesia dalam meningkatkan sumber daya manusianya.

Walikota yakin, suatu saat nanti Aldi akan menjadi calon pemimpin yang besar di Indonesia, menyusul karir ayahnya yang mantan asisten di Pemko Payakumbuh.

Dalam acara itu, Walikota Riza Falepi juga menyerahkan bantuan buat Aldi, untuk menambah belanja di perjalanan.

“Terimakasih, Pak Walikota,” ucap Aldi serta kedua orang tuanya.(rel/Dodi Syahputra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*