Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, Perlu!

Suasana pelatihan penyelenggaraan jenazah bersama Ustadz Madro'i di Masjid Al-Bahrain, Pasar Pagi, Padang Barat pada Sabtu (25/4) lalu (nisa).

Suasana pelatihan penyelenggaraan jenazah bersama Ustadz Madro’i di Masjid Al-Bahrain, Pasar Pagi, Padang Barat pada Sabtu (25/4) lalu (nisa).

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Mati, Satu kata yang membuat bulu kuduk meremang. Manusia begitu dekat dengan kematian. Setiap satu nafas yang dihela, satu langkah pula mendekat pada kematian.

Masyarakat masih mengabaikan hakikat kematian, dan meremehan penyelenggaraan jenazah dengan mengembankan seutuhnya pada pengurus masjid.

Dompet Dhuafa Singgalang hadir untuk menukas ketidaktahuan masyarakat betapa pentingnya pelatihan penyelenggaran jenazah.

Dihadiri langsung oleh Pimpinan Dompet Dhuafa Australia, Ustadz Cecep Solahuddin, dan Manager Badan Pemulasaran Jenazah Dompet Dhuafa, Ustadz Madro’i.

Pelatihan ini diadakan di dua lokasi di Sumatera Barat, yakni Padang dan Solok Selatan.

Pada pelaksanaan di Padang, Sabtu (25/4) tepatnya di Masjid Al Bahrain Pasar Pagi, Padang Barat, Ustadz Cecep memberi apresiasinya terhadap pelaksanaan agenda ini.

“Pelatihan semacam ini merupakan hak bagi kita sebagai muslim untuk mempelajarinya,” ujar Ustadz Cecep.

Selain keterlibatan dalam program pelatihan ini, keberadaan beliau juga bertujuan untuk memantau kinerja Ambulans Barzah yang telah disumbangkan untuk Dompet Dhuafa Singgalang dari dana yang dikumpulkan di Australia. Ambulans inilah yang nantinya juga akan membantu masyarakat untuk agenda-agenda sosial seperti pelayanan barzah.

Selanjutnya, penyajian materi dilaksanakan oleh Ustadz Madro’i yang memiliki aksen santai, menciptakan suasana pelatihan yang tidak kaku diantara peserta.

“Mengapa Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah ini penting? ‘Kan ada pengurus mesjid? Lha, kalau yang meninggal pengurus mesjidnya? Masa nyuruh jenazahnya ngurus diri sendiri?” Seloroh Ustadz Madro’i saat membuka kegiatan pelatihan.

Pelatihan ini berlangsung dari pukul 08.00-14.00 WIB. Ustadz Madro’i memperagakan prosedur penyelenggaraan jenazah secara lengkap dan santai. Pertanyaan demi pertanyaan yang digulirkan peserta pun terlayani dengan baik. Sekitar 139 peserta yang hadir terlihat sangat khidmat mengikuti agenda ini.

Tak berbeda dengan pelaksanaan pelatihan di Padang, warga dan karyawan perusahaan PT. Mitra Kerinci, di Sungai Lambai Solok Selatan juga mengikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah dengan khusu’.

“Masyarakat penting untuk di edukasi pelatihan terkait program kerohanian. Kami tak menyangka antusias warga sangat besar untuk turut serta. Selanjutnya, kami berharap bisa bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat daerah lainnya untuk kembali mengadakan pelaksanaan pelatihan ini,”pungkas Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*