Pemakaian Dermaga Apung Pulau Angso Duo Diresmikan Staf Ahli KKP RI

Staf ahli KKP RI emnggunting pita tanda diresmikannya dermaga apung pulau nagso duo

Staf ahli KKP RI emnggunting pita tanda diresmikannya dermaga apung Pulau Angso Duo

Pariaman,PADANG-TODAY.com-Kota Pariaman akan menjadikan kawasan Ekologi Wisata di Pulau Angso Duo ini, Dengan adanya Dermaga Apung bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, sangat membantu dalam menambah daya tarik wisatawan yang ada di Pulau Angso Duo dan hal ini sudah kami rasakan manfaatnya dengan banyaknya kunjungan wisatawan yang akan berkunjung kesini.
Hal itu disampaikan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya dalam acara peresmian pemakaian dermaga apung yang ada di Pulau Angso Duo, Kamis 28/4.

Mukhlis Rahman mengatakan Kota Pariaman sangat komit untuk menjadikan Wisata Bahari sebagai andalannya, ini kita buktikan dengan membenahi pantai dan pulau yang ada untuk pemanfaatannya, selain pulau dan kawasan zonasi konservasi yang hanya boleh untuk penelitian. Seperti kawasan Penangkaran Penyu yang telah kita mulai sejak tahun 2008 lalu dan kita sudah melepas 70.000 Tukik (anak penyu) ke laut lepas untuk pengembalian ke habitatnya. Sedangkan pulau angso duo ini kita kembangkan untuk kawasan pariwisata dan kedepan akan menjadi kawasan ekologi wisata baik untuk para pelancong dan wisatawan yang datang kesini, jelasnya.

Pada kesempatan itu, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL), diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekologi Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Arya Anggono,mengatakan Kota Pariaman mempunyai banyak potensi untuk dapat dikembangkan menjadi destinasi baru kunjungan wisatawan baik di Sumbar sendiri, di indonesia maupun mancanegara. Mulai dari jarak tempuh yang sangat dekat dengan Bandara dibandingkan daerah wisata lainnya di Sumbar, ditambah penataan pantai yang asri sampai pulau-pulau yang indah, salah satunya pulau angso duo yang kita nikmati saat ini, ujarnya.

Dermaga Apung yang dibangun dengan biaya 3,86 Milyar ini bersumber dari dana Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (APBN). Aryo Angoro, sangat tertarik dengan pesona wisata Kota Pariaman, pantainya bagus, memiliki pulau kecil yang indah dan penangkaran penyu, dapat dijadikan suatu paket wisata dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

” Kota Pariaman telah memiliki zonasi kawasan, zonasi inti dapat digunakan untuk penelitian dan kajian, zonasi pemanfaatan dapat dijadikan pengembangan eco wisata, infrastrukturnya sebaiknya dari bahan alami, tidak perlu beton/bata, dan kunjungan dibatasi sesuai kapasitas pulau, dengan dibatasi nilai jualnya akan lebih tinggi, apalagi bila dibuat paket wisata,” tutur staf ahli ini.

Selanjutnya, Aryo menegaskan untuk masalah abrasi, dan pemutihan karang disebabkan faktor alam, terjadinya peningkatan suhu dibawah laut dan perubahan alur arus, pihaknya akan meneliti lebih lanjut kedepan dan menemukan langkah-langkah penangananya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi, Yosmeri, mengapresiasi Kebijakan Pemerintah Kota Pariaman yang mengembangkan Wisata Bahari.

“Saya sangat bangga pada Pemerintah Kota Pariaman yang mengembangkan Wisata Bahari, yang menjadi contoh bagi Kab/Kota lain di Sumatera Barat, dahulu orang tahu dengan wisata Bukitinggi, Payakumbuh dan Batu Sangkar, sejak Pemerintah Kota Pariaman sebagai Kota Wisata Bahari, seluruh Kab/Kota yang berada dipesisir termotivasi untuk mengembangkan pantai yang ad di daerahnya, ini membuktikan Kota Pariaman Sebagai Motivator untuk daerah lainya di Sumatera Barat.” Tutur Kadis DKP Sumatera Barat ini.

Dalam acara ini dihadiri oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL), diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekologi Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Arya Anggono, Kasubdib Pendayagunaan Pulau-Pulau Terluar KKP RI, Syofyan Hasan, Kepala BPSPL Sumatera Barat Andre, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar Yosmeri, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh. Endro Nurbantoro, Waka Polres Kota Pariaman Kompol Aksal, Staf Ahli Kota Pariaman Yandrileza, Kepala DKP Kota Pariaman Dasril dan jajaran seperti Kabid P2SDKKP Murfida dan anggota lainnya, Kadisbudpar Kota Pariaman Efendi Jamal, Kadishub Kominfo Kota Pariaman Yota Balad, Kepala BPBD Kota Pariaman Yaminu Rizal, Kabag Humas Yalviendri, dan para personil lainnya yang hadir.(yj/suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*