Pembangunan Asrama Haji dan Islamic Center Sebagai Bukti Ali Mukhni Dalam membangun Daerahnya

Bupati saat peletakan batu pertama pembangunan asrama haji

Bupati saat peletakan batu pertama pembangunan asrama haji.

Advertisements

Padangpariaman, PADANGTODAY.com-Terealisasinya pembangunan Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf internasional semakin membuktikan prestasi Bupati Ali Mukhni dalam membangun proyek monumental di daerahnya.

Gubernur Sumbar Irwan prayitno menegaskan bahwa Pemprov akab mendukung pembangunan asrama haji hingga selesai. Ia juga apresiasi Bupati Ali Mukhni yang bekerja siang malam dan menjalin hubungan yang harmonis dengan pemerintah pusat dan propinsi untik terealisasinya Asrama Haji pada tahun 2015.

“Pak Bupati ini orangnya kecil-kecil tapi lincah dan jago lobi. Beliau selalu merengek minta dibantu oleh Pemprov. Tapi karena beliau sangat serius, Insya Allah kami bersama DPRD akan slalu support” kata Politisi PKS itu.

Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa pembangunan asrama haji atas doa dan dukungan seluruh masyarakat ranah dan rantau yang telah menanti selama 15 tahun terakhir.

“Terealisasinya Asrama haji atas doa dan dukungan seluruh pihak, masyarakat ranah dan rantau. Saya atas nama pemerintah memberijan apresiasi yang setinggi-tingginya” Bupati Ali Mukhni, Jumat (15/5).

Dijelaskannya bahwa pembangunan asrama haji adanya sharing pembiayaan melalui APBN, APBD Propinsi, APBD Kabupaten dan Pihak Swasta. Hal itu disebabkan adanya pembangunan fasilitas yang terdiri dari Asrama, Mesjid, Aula Serbaguna, Hotel, Rumah Sakit, Restoran, Pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Dana APBN digunakan untuk menbanguna fisik asrama, mesjid dan fasilitas lainnya. Sedangkan APBD Propinsi untuk pembangunan akses jalan dan jembatan dari Asrama Haji menuju BIM. Untuk APBD Kabupaten kita anggarkan untuk membuat jalan hotmix selebar 40 meter dan pintu gerbang. Untuk pihak swasta akan membangun yang bersifat komersil.

“Insya Allah, Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf Internasional yang terletak di Padangpariaman ini adalah salah satu termegah di Tanah Air” kata Bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Sementara itu Ketua MUI Padangpariaman DR. Zainal Tk. Mudo apresiasi pembangunan asrama haji sekaligus Islamic Center Sumatera Barat yang representatif.

“Dulu kita hanya pernah mendengar wacana itu, tapi sekarang telah terbukti, Pembangunan Asrama Haji telah dimulai, lokasinya sangat strategis hanya 2,5 km dari BIM. Ini bukti bahwa Bupati telah bekerja keras” kata Putra Lubuk Alung itu.

Ia berharap pembangunan asrama haji dapat dilanjutkan hingga selesai dan dioperasionalkan.
Sebagaimana diketahui bahwa Asrama Haji dan Islamic Center telah diletakkan batu pertamanya oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 11 Mei 2015. Mega proyek ini akan menelan biaya sebesar 800 Milyar yang dikerjakan dengan sistim multiyears.

Asrama haji yang baru ini terletak di Nagari Sungai Buluh, Kec. Batang Anai atau hanya berjarak 2,5 km dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Asrama haji seluas 10 hektar ini dijadwalkan selesai selama dua tahun yaitu tahun 2017. Embarkasi Padang ini nantinya akan melayani calon jamaah haji dari tiga propinsi yaitu Sumbar, Jambi dan Bengkulu.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*