Pembukaan Diksar Menwa Pagaruyung Sumbar Angkatan XL

Padang Panjang, Padang-Today.com – “Adakan pengawasan dan pengendalian melekat, ketat dan cermat disetiap kegiatan yang dilaksanakan agar tujuan dan sasaran pendidikan dapat tercapai sesuai dengan rencana,” ujar Wadan Secata B Padang Panjang Mayor Inf Arjun Sidahuruk saat membuka Pendidikan Dasar (Diksar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Pagaruyung Sumatera Barat (Sumbar) Angkatan XL tahun 2018 di Lapangan Sapta Marga Secata-B, Senin (23/7).Turut hadir Wakil Walikota Padang Panjang Dr. Mawardi, MKM, Ketua DPRD Kota Padang Panjang Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, dan unsur Forkopimda.

Advertisements

Sebanyak 81 calon Menwa dari 14 Universitas di Sumbar akan mengikuti diksar Resimen selama 10 hari di Rindam I Bukit Barisan Secata B Padang Panjang.

Tujuan dilaksanakan diksar Menwa guna untuk meningkatlan mental, fisik, dan disiplin serta untuk membentuk sikap dan kepribadian para peserta sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya sebagai mahasiswa.

“Dengan diksar ini hendaknya memberikan sumbangan yang berarti dalam peningkatan kualitas SDM di lingkungan menwa sehingga lebih termotivasi dan berdisiplin tinggi dalam menghadapi tugas dan tanggungjawabnya” jelas Arjun saat membacakan amanat dari Komandan Rindam I Bukit Barisan Kolonrl Inf.Zainudin.

Peserta diksar akan diarahkan dan dibekali dengan berbagai materi ilmu serta mencakup bidang sikap dam perilaku serta keterampilan dan bidang jasmani.

Pelakdanaan diksar ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan benar sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara peserta pendidik, pembina dan pelatih tanpa mengurangi tugas, fungsi dan peran masing – masing.

“Kami berharap kegiatan ini terlaksana sesuai dengan yang diharapkan, jangan ada nanti kesenjangan dan cemburu bahkan rasa sakit hati baik sesama peserta, pembina dan pelatih,” tegasnya.

Untuk peserta diksar perlu ditekankan agar dapat dipedomani dalam pelenggarakan diharapkan dapat mengikuti seluruh petunjuk dan intruksi para pelatih serta pedomani tata tertib yang telah ditentukan, manfaatkan diksar untuk menyerap materi yang diajarkan, pupuk jiwa korsa dan kebersamaan antara peserta diksar serta adakan pemeriksaan personel sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

Sementara itu, Komandan Menwa Pagaruyung Sumbar Wahyu I. Putra, SE mengatakan Menwa didorong sebagai penggerak disiplin di kampus – kampus.

Menwa merupakan bekal dini Bela Negara, mereka generasi penerus yang menggantikan generasi hari ini untuk menjadi calon Pemimpin masa depan yang mempunyai Jiwa Nasionalisme yang tinggi dan Rasa Bela Negara.

“Kami ingin jadikan menwa ini betul – betul bermanfaat yang perlu disosialisasikan pada siapapun,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*