Pemburu Batu Kapok Untuk Membeli Batu Kalimaya Asli

ilustrasi

ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Banyak pemburu batu mengaku kapok untuk membeli Batu Kalimaya asli Kabupaten, Lebak Banten yang kini tengah naik daun di pasaran. Selain harga yang selangit banyak juga batu kalimaya asal luar Banten di pasaran yang dapat membuat keliru para pembeli.

“Dongkol, mau beli buat cendera mata, dapat batunya gak sesuai yang dipengen,” ujar Ajis salah satu pecinta batu, Kamis (16/4).

Ajis mengaku dirinya kapok untuk membeli batu yang mempunyai pancaran warna menarik tersebut, karena harga sudah setinggi langit di pasaran dan banyak juga beredar batu-batu bukan asli Banten yang dapat menipu para pembeli.

“Kalimaya harganya gila-gilaan, ceplak batok aja pedagang kasih harga walau kualitas batu kurang. Udah gitu banyak kalimaya asli batu tapi bukan asli Banten di pasaran beredar,” kata Ajis.

Begitu juga yang di rasakan oleh Ari seorang pecinta batu asal Lampung yang kerap berburu kalimaya di Banten mengaku pernah tertipu saat berburu kalimaya Banten di salah satu pusat penjualan batu di Kota Serang. Dirinya membeli sebuah batu black oval yang di sebut-sebut oleh penjualnya merupakan batu kalimaya asal Lebak. Namun setelah dibeli dan terkena air saat sesampainya di rumah, pancaran warna pada batu hilang seketika.

“kecewa banget sebenernya, tapi sebagai penggemar batu pantang menyerah. Kalau ga ketipu ga dapat ilmu,” kata Ari.

Untuk diketahui, banyak batu kalimaya Afrika, Meksiko dan Australia beredar di pasaran di wilayah Banten. Seperti batu kalimaya Afrika yang juga mempunyai pancaran warna dari dalam batu yang sangat mempesona yang tidak kalah menarik dengan kalimaya Banten, sehingga dapat membuat keliru para pembeli.

(hhw/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*