Pemerintah Kembali Berjanji Mendorong Energi Baru dan Terbarukan (EBT)

diskusi energi kita

diskusi energi kita

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Pemerintah kembali berjanji mendorong energi baru dan terbarukan (EBT) untuk mengurangi pemakaian energi fosil. Salah satu caranya mengubah industri usaha migas konvensional menjadi EBT.

Menteri Energi Sumber Daya Masyarakat (ESDM) Sudirman Said menuturkan, butuh dana untuk mewujudkan ide tersebut. Apalagi dalam kebijakan energi nasional (KEN) menargetkan EBT 35 persen di tahun 2025.

“Kita akan agresif investasi di EBT. Untuk budget, kita minta bantuannya kepada Komisi VII DPR. Karena kita juga harus bangun pendukungnya,” kata Sudirman di Jakarta, Rabu (8/4).

Sudirman mengklaim telah memerintahkan Pertamina dan PLN untuk aktif mengembangkan energi baru. Sebab banyak pabrik solar cell yang tak mampu bertahan lama.

“Sebelumnya banyak pabrik solar cell yang buka tutup karena pemerintah tidak konsisten. Pabrik buka ketika ada proyek, tidak ada proyek tutup lagi,” ujarnya.

Meski usaha pengembangan energi baru terbarukan di sektor hulu sudah berlangsung cukup lama, namun diakui belum dijalankan serius. Seharusnya usaha hulu bisa memberikan dampak pada industri penyangga.

“Ke depannya industri penopang harus terbangun. bisnis hulu harus memberikan peluang pada industri penopangnya,” ucapnya.

(noe/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*