Pemerintah Provinsi Jawa Barat Akan Merehabilitasi 22.500 Rumah Tidak Layak Huni

ilustrasi

ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Pemerintah provinsi Jawa Barat akan merehabilitasi 22.500 rumah tidak layak huni (rutilahu) pada 2015 ini. Rehabilitasi rutilahu itu tersebar di pedesaan.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar Iwa Karniwa mengatakan, jumlah rehabilitasi untuk rutilahu sama dengan 2014 lalu.

“Kami rehabilitasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebanyak 22.500 direhabilitasi yang berasal dari anggaran murni APBD,” katanya di Bandung, Jumat (10/4).

Pemprov Jabar mempersiapkan perbaikan untuk setiap rutilahunya Rp 10 juta. Angka ini sudah meliputi biaya operasional.

“Sama seperti tahun lalu, nilainya Rp 10 juta per rutilahu, nilai kita cukup besar dibandingkan provinsi lainnya seperti Jatim yang hanya Rp 6 juta,” katanya.

Selain di APBD murni, pihaknya juga mengalokasikan program serupa di APBD Perubahan 2015 sebanyak 12.500 rutilahu. Ini merupakan hutang dari tahun lalu yang belum mencapai target.

“Program rutilahu tahun lalu hanya tercapai 50% atau hanya berhasil memperbaiki sebanyak 12.500 rutilahu. Itu karena banyak agenda politik nasional seperti Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif,” terangnya.

Meski sempat terkendala, pihaknya memastikan akan mempercepat proses pelaksanaan program rehabilitasi rutilahu yang sempat tertunda.

(hhw/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*