Pemerintah Pusat, Bantu Kembangkan Keripik Ubi di Payakumbuh

Usaha Kripik Ubi di Payakumbuh

Usaha Kripik Ubi di Payakumbuh

Payakumbuh, PADANGTODAY.COM -Belasan pengusaha keripik ubi di Kota Payakumbuh, dapat bantuan dari pemerintah pusat dalam upaya mengembangkan usaha mereka. Bantuan berupa alat pemotong ubi serta pengoles sambal demi meningkatkan kesejahteraan pengusaha keripik ubi di Kota Payakumbuh.

”Kota Payakumbuh merupakan salah satu daerah penghasil keripik ubi terbesar di Sumbar. Melalui usaha kecil dan menengah yang mereka jalankan, perlu adanya upaya untuk meningkatkan usaha mereka ini,”ujar Prima Yudha Hayati, Kepala Badan Riset Standarisasi Industri Padang saat melakukan presentasi pengembangan usaha keripik di Kota Payakumbuh, Kamis (4/12) kemarin.

Untuk tahap awal, bantuan yang diberikan berupa pengenalan alat untuk meningkatkan produksi usaha keripik ubi yang ada di Kota Payakumbuh. Yakni berupa pemanfatan alat pemotong ubi serta alat pengoles sambal pada keripik ubi yang lebih efisian.
Dalam sosialisasi tersebut, dihadiri Aan Yulista Kepala Jasa Teknik Balai Besar Kimia Jakarta, Mangala Tua Marpaung, Seksi Balai Besar Kimia Jakarta, Aisma Fakultas Pertanian Unand, Yulia Angraini tim perekayasa alat serta Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Payakumbuh.

”Sebagian besar usaha keripik ubi di Sumbar, masih dilakukan secara manual atau dengan tenaga manusia. Dengan adanya alat yang lebih canggih perlu kita sosialisasikan kepada pengusaha keripik ini. Sehingga nantinya berdampak untuk meningkatkan produksi usaha dari mereka,”tambahnya.

Nantinya, setelah seluruh pengusaha keripik ubi di Kota Payakumbuh mampu memanfaatkan peralatan secara mandiri, Badan Riset Standarisasi Industri Padang serta Dinas Perindustrian Perdagangan Sumbar turut memfasilitasi untuk mendatangkan alat dari pemerintah pusat.

”Tahap awal. Kita memperkenalkan alat pendukung untuk mengembangkan usaha mereka, nanti setelah pengusaha mahir memanfaatkan alat secara mandiri, kita bakal memfasilitasi untuk mendatangkan alat dari pemerintah pusat,”kata Prima Yudha Hayati.(mnc​​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*