Pemerintah Telah Menurunkan Harga Semen Produk PT Semen Indonesia

Pemerintah Telah Menurunkan Harga Semen Produk PT Semen Indonesia

PADANGTODAY.COM – Pemerintah telah menurunkan harga semen produk PT Semen Indonesia Rp 3.000 per sak. Langkah pemerintah ini agar para perusahaan swasta juga bisa mengikuti penurunan harga produk semennya.

Pelaku usaha industri semen menanggapi ini dengan permintaan agar pemerintah dapat juga menurunkan tarif dasar listrik. Pasalnya, listrik menjadi salah satu komponen penting dalam proses produksi semen.

Hal itu diungkapkan Ketua Asosiasi Semen Indonesia Widodo Santoso. “Listrik itu penting bagi industri semen. Misal, semen turun Rp 3.000, sekarang harga Rp 60 ribu per sak, itu turun 5 persen. Revenue juga jadi turun 5 persen,” ujar Widodo di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Rabu (28/1).

Widodo mengungkapkan, langkah efisiensi perusahaan semen belum mampu signifikan menurunkan harga jual produk semen. “Tapi perusahaan sudah lakukan efisiensi, tapi hanya bisa tekan biaya sebesar 1,25 persen, masih ada 3 sekian persen yang ditanggung,” tuturnya.

Untuk itu, Widodo berharap agar tarif listrik segera diturunkan. Terlebih lagi, saat ini harga internasional batu bara sebagai bahan baku pembangkit listrik juga tengah mengalami penurunan. Sehingga, sangat wajar jika tarif listrik juga diturunkan.

“Kalau semen turun, PLN juga harusnya turunkan. Jadi PLN bisa bantu efisiensi kami. Harapan pengusaha dari Rp 1.100 kWh bisa jadi Rp 900 atau Rp 850 kWh,” tandasnya.

[bim]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*