Pemilihan Duta Anak “Tingkatkan Partisipasi Anak Dalam Pembangunan”

Padang Panjang, Padang-Today.com – ” Pemilihan Duta Anak Kota Padang Panjang bukan acara main-main, bukan ajang untuk berhura-hura, dan juga bukan ajang yang tidak memberi nilai lebih,” ujar Pjs.Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKBP3A) Martoni, S.Sos, M.Si saat membuka acara Pemilihan Duta Anak tahun 2018 di Auditorium Mifan Water Park, Senin (9/4).Acara dilaksanakan selama empat hari, terhitung tanggal 9 April hingga 12 April 2018 mendatang. Sebanyak 74 orang peserta perwakilan dari tingkat SMP  dan SMA se-Padang Panjang yang mendaftar dan yang  lulus seleksi sebanyak 52 orang.

Advertisements

Pemilihan duta anak adalah bagian dari agenda Kota hingga ke tingkat Nasional yang memilih anak-anak kreatif, berjiwa nasionalisme dan positif, berakhlak baik serta harus menjadi teladan dan motivator bagi teman-temannya.

Martoni menyampaikan sangat mengapresiasi dengan adanya pemilihan duta anak karena merupakan salah satu tempat untuk memperjuangkan hak-hak anak.

“Disini mereka dapatkan hak anak untuk berpendapat, berserikat, berkreasi, serta mengembangkan minat dan bakat,” ujar Martoni.

Sebagai Kota Pendidikan, Padang Panjang juga pernah menerima penghargaan Kota Layak Anak tingkat Madya. Dengan begitu, segala program kegiatan sudah mulai melibatkan anak.

Sementara itu, Martoni menambahkan tidak semua anak bisa mengikuti ini karena untuk mengikutinya perlu persiapan, keberanian dan rasa percaya diri.

“Kita berharap, semoga nantinya peserta yang terpilih menjadi duta anak benar-benar mencerminkan anak- anak Padang Panjang yang berjiwa nasionalis, kreatif, inovatif, cerdas, berakhlak baik, serta mampu berkompetensi diajang lain yang lebih tinggi dan mampu meraih masa depan yang gemilang, ” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*