Pemimpin ISIS Muncul Pertama Kalinya Dengan Memberi Khotbah

Abu-Bakr-al-BaghdadiIrak, PADANGTODAY.com – Pemimpin kelompok jihad Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, yang menyatakan dirinya sebagai “khalifah”, telah mengunjungi dua kota itu pada Jumat pekan lalu.

Abu Bakr al-Baghdadi, yang diduga muncul dalam sebuah video beredar secara luas pada bulan lalu ketika dia memberi khotbah di kota berhasil direbut para militan di Mosul, mengunjungi para pejuang ISIS di kedua kota itu, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Ahad (17/8).

Baghdadi mengunjungi dua kota di Provinsi Al-Anbar itu disertai dengan puluhan mobil penuh dengan para pejuang ISIS.

Video muncul pada Juli lalu itu disinyalir jadi penampilan pertama Baghdadi. Saat itu dia mengenakan jubah hitam dan sorban hitam, memiliki mata gelap, alis dan jenggot tebal. Dia fasih berbicara bahasa Arab klasik sambil menunjukkan sedikit emosi.

“Sayalah wali (penguasa) yang memimpin Anda, meskipun saya bukan yang terbaik dari Anda. Jadi jika Anda melihat saya benar, bantu saya,” ucap Baghdadi.

“Jika Anda melihat saya salah, nasihati saya dan tempatkan saya di jalur yang benar, dan patuhi saya selama saya mentaati Allah.”

Video itu dirilis setidaknya di dua situs diduga digunakan oleh kelompok ISIS. Situs itu menggunakan simbol Al-Furqan.
(mr/nol)

Lewat ke baris perkakas