Pemkab Agam Bentuk Forum Kecamatan Sehat Di 14 Kecamatan dan 50 Nagari

Agam, PADANG-TODAY.com-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dr. Indra, mengatakan, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Agam tahun 2015, Pemkab Agam telah membentuk forum kecamatan sehat di 14 kecamatan dan forum nagari sehat di sebanyak 50 nagari.

Advertisements

“Terbentuknya forum ini merupakan upaya dalam menyusun rencana gerakan kabupaten sehat dan dimulai dari tahun 2006 hingga sekarang,” kata dr Indra di dampingi oleh Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Halim di Lubuk Basung. Rabu.

Ia menjelaskan, ini berdasarkan surat keputusan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Agam. Sedangkan forum kecamatan sehat yang belum dibentuk berada di Kecamatan Malalak dan Kecamatan Pelembayan sedangkan nagari 32 nagari lagi.

“Kita merencanakan forum kecamatan dan nagari sehat keseluruhan terbentuk pada tahun 2016,” katanya.

Pembentukan ini dibantu oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam pada tahun 2015 sebesar Rp66.190.000,- yang diperuntukan untuk sosialisasi dan pembentukan di setiap kecamatan dan nagari.

Dilihat dari jumlah penduduk Kabupaten Agam sebanyak 471.564 Jiwa sampai saat ini sudah mempunyai jaminan kesehatan sebanyak 344.656 Jiwa atau sebesar 73.08 persen untuk mendapatkan jaminan pelayaan kesehatan mulai dari Jaminan tingkat pertama sampai lanjutan.

Ini sesuai dengan program inovasi cerdas Pemerintah Kabupaten Agam yang digagas oleh Bupati Agam Indra Catri DT Malako Nan Putiah dalam program Agam menyemai, Thaharah Masjid, WC bersih, mahgrib mengaji, Festival Ramadhan, ikhlas berzakat, dan Jamkesda mandiri sangat berkaitan sekali dengan terwujudnya Kabupaten Sehat yang telah dimulai sejak tahun 2010.

Didukung adanya sarana kesehatan di Kabupaten Agam yakni, RSUD Lubukbasung Type C sebanyak 1 unit, Puskesmas non rawatan sebanyak 14 unit, Puskesmas rawatan sebanyak 9 unit, Puskesmas Poned sebanyak 7 unit, Pustu/Polides/Poskesri sebanyak 263 unit, Mobil Puskesmas Keliling sebanyak 41 unit dan Posyandu sebanyak 847 unit.

Ditambah program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dimulai dari tahun 2008 sampai sekarang dan dibangun jaringan sebanyak 97 lokasi dan sudah terbentuk asosiasi Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum (BPSPAM) di nagari setempat.

Disamping itu, pada tahun ini kabupaten Agam kembali mengikuti verifikasi atau penilaian kabupaten dan kota Sehat Tahun 2015 adapun pelaksanaan penilaian dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2015 sampai 2 September 2015, oleh tim penilai tingkat pusat yang diawali dengan penyampaian Ekspose Paparan Kabupaten Sehat oleh ketua Forum Kabupaten Sehat di Bappeda Propinsi Sumatera Barat.

Pada 2 September 2015 tim penilai melakukan peninjauan ke Sekretariat Kecamatan Sehat Matur dan Nagari Sehat lawang, forikan Talao Nagari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya, Kunjungan ke BP-SPAM Silayang Nagari Lubuk Basung,

Selanjutnya, berkunjung ke Sekretariat Kabupaten Sehat Kabupaten Agam, kunjungan ke TPST sungai Jariang di sungai Jariang Nagari Lubuk Basung. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*