Pemkab Agam Pusatkan Pelaksanaan Sholat Idul Adha di GOR Lubukbasung

Suasan Solat Id di GOR Rang Agam, Lubukbasung Kanupaten Agam.

Suasan Solat Id di GOR Rang Agam, Lubukbasung Kanupaten Agam.

LubukBasung, PADANGTODAY.com-Ribuan masyarakat Lubukbasung Kabupaten Agam, Minggu (5/10) pagi melaksanakan ibadah shalat idul Adha 1435 hijriyah di Gedung Olah Raga (GOR) Rang Agam Padangbaru Lubukbasung. Sekitar pukul 06:30 WIB Ribuan Jamaah sudah berbondong-bondong ke GOR Rang Agam yang menjadi pusat pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini yang sebelumnya direncanakan akan dilakukan di halaman kantor Bupati Agam, namun karena untuk menghindari hujan yang bisa saja terjadi, maka shalat ied kali ini dipindahkan ke gedung olah raga kebanggan masyarakat Agam tersebut.

Kegiatan Shalat Idul Adha yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Agam di GOR tersebut yang bertindak sebagai khatib saat Shalat Idul Adha yakni, Prof Abdul Rahman Ritonga dari guru besar STAIN Syehkh M Djamil Jambek KotaBukittinggi dan imam oleh Bakri S Ikri dari Sekolah Tinggi Ilmu Pengembangan Al-Quran Sumbar.

Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya mengatakan, pada Hari Raya Idul Adha ini ada dua ibadah agung yang dilaksanakan yakni, ibadah haji dan qurban. Keduanya merupakan simbol ibadah dan syariat yang mempunyai hikmah yang besar dalam kehidupan manusia, karena Ibadah haji ini adalah Rukun Islam yang paling afdhal dan lengkap.

“Saat penyelenggaraan haji tahun ini, Kabupaten Agam memberangkatkan jamaah haji sebanyak 306 orang. Dibandingkan dengan tahun lalu, mengalami penurunan karena pada 2013 jumlah jamaah haji yang diberangkatkan sebanyak 427 orang” kata Bupati Agam Indra Catri.

Bupati menambahkan bahwa penurunan jumlah tersebut disebabkan karena sejak 2013 terjadi pemotongan kuota haji oleh pemerintah Arab Saudi sebanyak 20 persen, karena saat ini sedang dilaksakan pembangunan Masjidil Haram.

“Sampai saat ini, jumlah haji Kabupaten Agam yang telah terdaftar sebanyak 4.701 orang dan tercatat dalam daftar tunggu sampai 2028. Peningkatan tersebut menandakan bahwa semangat masyarakat Agam terus meningkat untuk menunaikan ibadah haji.” tambahnya.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*