Pemkab Agam Serahkan 40.000 Bibit Jenis Ikan Nila Dan 600 Bibit Buah-Buahan Kepada Masyarakat Kecamatan Palupuah

anak-anak-saat-menurunkan-bibitkan-di-Jorong-Pagadih-Mudiak
Agam, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Kabupaten Agam menyerahkan sebanyak 40.000 bibit ikan jenis nila dan 600 bibit buah-buahan kepada masyarakat Jorong Pagadih Mudiak, Nagari Pagadih, Kecamatan Palupuah, Jum’at (4/9).

Advertisements

Bibit itu diserahkan kepada masyarakat saat Bupati Agam Indra Catri melakukan kunjungan ke daerah itu. Sekaligus melihat kondisi kolam yang akan diisi dengan bibit ikan dan perkarangan yang akan ditanami tanaman.

Pada saat itu, Bupati Agam Indra Catri, mengatakan, bibit yang diserahkan kepada masyarakat ini merupakan bibit unggul. Untuk itu, rawat dan peliharalah sehingga nantinya akan membuahkan hasil yang maksimal dan juga meningkatkan perekonomian.

“Bibit yang diserahkan kepada masyarakat itu harus bibit unggul, sebab kalau bibit biasa yang diserahkan, maka masyarakat tidak mendapatkan hasil dari bibit yang ditanam dan dipeliharanya tersebut,” katanya.

Bupati mengharapkan, mudah-mudahan dengan bibit yang diserahkan ini, bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjauhkan masyarakat dari krisis ekonomi.

Disamping itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam, Ermanto, mengatakan, untuk tahun 2015 DKP sudah menyalurkan bibit kepada masyarakat sebanyak 3 juta bibit. Ini sudah mencapai target penyaluran bibit ikan kepada masyarakat.

Sementara, pada 2015 masih tersisa 3 bulan lagi. Waktu yang tersisa ini akan dimanfaatkan terus untuk meningkatkan jumlah bibit yang akan diserahkan kepada masyarakat.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Agam, Yulnasri, mengatakan, pada 2015 bibit tanaman yang sudah terealisasi sebanyak 1 juta. Sementara target pada tahun ini sekitar 2 juta.

“Untuk itu, kita terus melakukan pembibitan yang akan diserahkan kepada masyarakat. Saat ini kita tengah melakukan pembibitan sebanyak 500.000 bibit lagi dengan jenis kayu-kayuan dan buah-buahan di persemaian permanen Dishutbun di Lubuk Basung,” katanya.

Mudah-mudahan, hingga akhir 2015 target menyalurkan bibit kepada masyarakat bisa tercapai nantinya. (ap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*