Pemkab Padangpariaman Sambut Bulan Suci Ramadhan Dengan Thaharah

Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur Membuka Secara Resmi Acara Taharah

Advertisements

Padang-today.com__Wakil Bupati Padangpariaman, Minggu (13/5/2018) membuka dengan resmi Gerakan Gerakan Thaharah serentak, di Mesjid Agung Syech Burhanuddin Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis

Gerakan Thaharah serentak tersebut digagas oleh Kakan Kemenag  Padang Pariaman yang dipusatkan di Mesjid Agung Syech Burhannudin Kecamatan Ulakan Tapakis, kemudian kegiatan ini akan dilaksanakan diseluruh Kecamatan  oleh KUA  masing-masing  kecamatan.

Menurut Wakil Bupati Suhatri Bur, kegiatan ini sangat  tepat dilakukan apalagi beberapa hari lagi akan menjalankan dan memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H. ” Thaharah merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT kepada hamba sebelum melakukan ibadah yang lain” ulasnya

Thaharah, sebut Suhatri Bur, hanya dilakukan dengan sesuatu yang suci dan dapat menyucikan. Thaharah juga menunjukan bahwa sesungguhnya Islam sangat menghargai kesucian dan kebersihan sehingga diwajibkan kepada setiap muslim untuk senantiasa menjaga kesucian dirinya, hartanya serta lingkungannya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman H Helmi mengatakan, kegiatan ini dilakukan serentak di didaerah setempat ‘Thaharah’ merupakan miftah (alat pembuka) pintu untuk memasuki ibadah shalat. Tanpa thaharah pintu tersebut tidak akan terbuka. Artinya, tanpa thaharah, ibadah shalat, baik yang fardhu maupun yang sunnah, tidak sah.

“Karena fungsinya sebagai alat pembuka pintu shalat, maka setiap muslim yang akan melakukan shalat tidak saja harus mengerti thaharah. Melainkan juga harus mengetahui dan terampil melaksanakannya sehingga thaharahnya itu sendiri terhitung sah menurut ajaran ibadah syari’ah,” tandas mengakhiri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*