Pemko Padang Panjang Gelar Khitanan Massal Gratis

Wako Padang Panjang saksikan Khitanan Massal.

Wako Padang Panjang saksikan Khitanan Massal.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Sebanyak 117 anak laki-laki dari keluarga kurang mampu, mendapatkan pelayanan dalam kegiatan khitanan missal gratis yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang di gedung pertemuan M Syafei, Selasa (30/6) kemarin.

Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis mengatakan, pemerintah melalui Badan Amil Zakat (BAZ) kota setempat berkolaborasi dengan stake holder mengadakan khitanan massal gratis guna membantu keluarga kurang mampu dalam memenuhi kewajiban terhadap setiap anak laki-laki yang akan memasuki usia baligh.

Khitanan menurut Wako Hendri tidak hanya wajib bagi anak laki-laki muslim sebagai mana diperintahkan dalam agama Islam, namun juga sangat penting demi kesehatan. Bahkan dengan alasan kesehatan, saat ini khitanan sudah menjadi kebutuhan bagi setiap kaum laki-laki dari setiap aliran agama yang ada.

“Islam telah jelas mewajibkan setiap anak laki-laki muslim untuk khitan. Namun saat ini, khitan tidak hanya dengan alasan agama, namun juga menjadi wajib dan kebutuhan bagi seluruh anak laki-laki dari berbagai golongan. Karena itu pemerintah dalam kegiatan ini bersama stake holder seperti Bank Nagari membantu saudara-saudara kita dari keluarga kurang mampu, agar anak mereka bisa mengikuti proses khitanan,” ungkap Wako Hendri.

Sementara Wawako Mawardi yang mengunjugi lokasi sesaat setelah dibuka secara resmi, tampak langsung turun tangan menyunat salah satu dari peserta khitanan massal tersebut. Sembari melakukan proses khitanan, Wawako Mawardi pada kesempatan itu tidak henti-hentinya memberikan support dan menghibur anak-anak agar tidak takut dikhitan.

“Disunat itu tidak sakit dan sangat baik untuk kita. Selain kesehatan terjaga setelah di sunat, setiap orang juga dapat sarung, baju, kopiah dan ada pula uang. Sunatan gratis ini sebagai agenda rutin pemerintah, guna memastikan generasi Padangpanjang yang islami dan sehat. Karena itu kami imbau agar seluruh orangtua untuk bisa mendorong anak-anak agar tidak perlu takut untuk bersunat,” ujak Wawako.

Humas BAZ Kota Padangpanjang, Jasriman pada kesempatan yang sama mengatakan sedikitnya sebanyak 117 anak yang berasal dari keluarga kurang mampu sangat antusias mendaftarkan anak mereka. Masing-masing anak yang telah mendaftar langsung diberikan paket bantuan yang bersumber dari dana BAZ dan CSR Bank Nagari, berupa sarung, baju koko dan kopiah plus uang transportasi.

“Meski dari BAZ hanya dibatasi sampai 100 peserta saja, namun karena animo masyarakat begitu tinggi sehingga jumlah peserta sesuai data terakhir mencapai 117 orang. Alhamdulillah berkat adanya dukungan dari Bank Nagari, proses khitanan missal berjalan lancar dan bisa mengakomodir seluruh peserta meski lebih dari target semula,” ungkap Jasriman. (nto)

One comment

  1. Khitan hukumnya wajib bagi laki-laki dan wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*