Pemko Padang Panjang Gelar Lomba Puisi Tingkat Nasional

Padang Panjang, Padang-Today.com – Pemerintah Kota Padang Panjang kembali menggelar Event bartaraf Nasional. Kali ini, Pemko melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pariwisata, bekerjasama dengan Forum Penggiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang, menggelar lomba baca puisi tingkat nasional, Selasa (28/11).

Advertisements

Acara yang diikuit oleh 160 peserta dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, diselenggarakan di Halaman Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudyaan Minangkabau (PDIKM), Kota Padang Panjang, yang digelar selama tiga hari, 28 s/d 30 November ini.

Lomba puisi tersebut termasuk rangkaian dalam Hari Ulang Tahun Kota Padang Panjang yang ke -227. Pada lomba itu, panitia mensyaratkan puisi ciptaan sendiri dengan tema Kota Padang Panjang kepada para peserta . Lomba diikuti secara umum dengan memperebutkan total hadiah senilai Rp.20.000.000, -.

“ Untuk juara pertama kita telah mempersiapkan hadiah berupa uang tunai Rp. 10.000.000,- Juara ke dua 6.000.000,- dan ketiga Rp. 4.000.000,-. Lomba ini merupakan tindak lanjut dari lomba baca puisi tingkat Kota Padang Panjang yang digelar FPL dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang beberapan bulan yang lalu,” ungkap Ketua Panitia Muhammad Subhan.

Dikatakannya, lomba tersebut mendapat apresiasi dari Walikota Padang Panjang Hendri Arnis dan secara khusus meminta FPL dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk membuat kegiatan serupa dengan cakupan yang lebih luas yaitu tingkat nasional. Kegiatan tersebut direspon positif oleh Dinas Pariwisata yang mengagendakan sebagai kalender pariwisata, khususnya dalam menyemarakkan hari jadi Kota Padang Panjang ke 227 bersamaan dengan kegiatan dan festival daerah lainnya.

Turut hadir pada acara pembukaan, Plt Sekda Indra Gusnady, FORKOPIMDA, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena, Sekretaris Dinas Pariwisata Dalius Rajab, dan para pejabat lainnya.Adapun juri yang menilai yaitu, Sosiawan Leak (Penyair, Solo), Gus tf Sakai (Penyair, Payakumbuh) dan Muhammad Ibrahim Ilyas (Penyair, Padang).

Walikota PadangPanjang yang diwakili Plt. Sekda Indra Gusnady mengatakan Kota Padang Panjang merupakan tempat berkumpulnya tokoh tokoh pergerakan Indonesia,.” Tokoh tokoh pendidikan, tokoh tokoh sastarawan ada yang lahir dan besar dan sekolah disini,” katanya.

Kepada para peserta dan hadirin dari berbagai daerah, ia menceritakan bagaimana Kota Padang Panjang bisa dikenal sebagai Kota Pendidikan Islam dimana Buya Hamka pernah mengenyam pendidikan di kota berhawa sejuk itu.

Lebih lanjut ia menyampaikan agar bisa mengikuti acara dengan baik.” Selamat Datang dan Selamat mengikuti lomba, semoga lomba ini bisa mempersatukan kita di Nusantara ini,”katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*