Pemko Padangpanjang Gelar Operasi Gratis Katarak

Logo-PadangpanjangPadangpanjang, Padangtoday—Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang, melalui Dinas Kesehatan Kota(DKK) gelar operasi Katarak gratis, operasi dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) setempat. Hal tersebut diungkapkan Kapala Dinkes Nuryanuar, operasi diperuntukan khusus bagi masyarakat Padangpanjanhg  yang menderita gangguan Katarak.

Advertisements

Nuryanuar mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut merupakan agenda besar Pemerintah dalam rangka memperingati Bulan Kemerdekaan. Selain itu kegiatan tersebut salah satu upaya pemko dalam membebaskan masyarakat dari gangguan Katarak itu.

“Kegiatan ini sesuai dengan jadwal yang telah tetapkan akan berlangsung selama satu bulan penuh pada Bulan Agustus ini. Kita sampaikan kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan Katarak ke Pusat pelayanan kesehatan (Puskesmas)terdekat,” sebut melalui selulernya.

Terlaksananya agenda besar tersebut berkat kerjasama Pemerintah dengan PT. Pelindo dan BPJS sebagai sponsor pada kegiatan itu. Untuk pengoperasian akan dilakukan oleh ahli dan dokter spesialis mata.

“Beberapa tenaga ahli telah kita siapkan untuk melakukan operasi ini. Selain dokter RSUD Padangpanjang juga telah mempersiapkan fasilitasi sarana dan prasara operasi Katarak. Insyaallah operasi akan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya,” sebut Nuryannuar.

Ditambahkannya, hingga saat ini telah terdata puluhan pasien yang akan di operasi. Kita akan terus memberikan pelayanan terhadap masyarakat penderita katarak untuk melakukan operasi. Namun, tentunya melalui prosedur yang telah di tetapkan. ” Kita juga berharap kepada masyarakat untuk memberitaukan kabar bahagia ini kepada saura kita yang belum mengetahui kegiatan ini,” jelasnya.

Sementa direktur RSUD Padangpanjang Ardoni melalui Kabid Pelayanan RSUD Marlina  menyebutkan, sebelum kegiatan operasi katarak ini di gelar, pihaknya bersama instasnsi terlibat telah melakukan pembahasan terkait berjalannya kegiatan ini.

” Untuk pelayanan operasi Katarak ini, diperuntukan kepada masyarakat yang berada dalam wilayah pelayanan RSUD Padangpanjang. Kita tidak hanya melayani warga Padangpanjang saja, namun juga warga luar Padangpanjang,  Batipuah dan X Koto,” Jelasnya.

Sementara untuk jadwal pengoperasian nantinya, pihaknya akan menjadwalkan dan akan memberitau kepada pasien yang telah melakukan pendaftaran.

” Kita tidak bisa menetapkan jadwal pengoperasian pasien. Akan tetapi Jadwal akan diberitahu setelah pasien melakukan cek kesehatan, jika kondisi pasien dapat menjalani operasi maka kita akan memberikan jadwal pengoperasian terhadap pasien,” terang Marlina seraya secara umum pelayanan Operasi katarak gratis akan berlangsung selama bulan Agustus ini. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*