Pemko Padangpanjang Hibahkan Tanah Pembangunan MAPK

Padangpanjang—Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padangpanjang Drs. H Gusman Piliang MM,merasa haru dan bahagia. Pasalnya, Pemko Padangpanjang menghibahkan tanah seluas 1 hektar untuk pembangunan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang berada di kawasan Islamic Center.

” Saya merasa haru dan bahagia karena untuk Kementerian Agama mungkin ini baru  terjadi di Sumatera Barat, hibah dari Pemko ke Dinas Vertikal, tentunya ini buah tangan dari Pak Fadly, Pak Asrul, DPRD yang sepakat, karena salah satu peningkatan mutu pendidikan itu adalah sarana dan prasarana,” katanya.

Hibah tanah tersebut ditandai dengan penandatanganan akta hibah tanah dari Pemko yang ditandatangani oleh Walikota Padangpanjang, H. Fadly Amran, BBA, Datuak Paduko Malano bersama Kepala Kemenag Drs. H. Gusman Piliang, MM yang turut disaksikan oleh Notaris, Selasa (10/7) di ruang VIP Kantor Walikota Padangpanjang.

Keberadaan MAPK tentunya menambah eksistensi Kota Padangpanjang sebagai Kota Serambi Mekah karena program yang diusung MAPK sendiri adalah program tafaqquh fiddin (pendalaman ilmu agama). MAPK adalah lembaga pendidikan formal non-pesantren yang berperan sebagai penyambung (setidaknya sebahagian dari) ‘tradisi pesantren’

MAPK merupakan bagian dari madrasah (MA) yang ada pada saat ini dengan struktur program kurikulum yang porsi pelajaran agamanya 70 %. Setiap siswa MAPK juga dituntut untuk menguasai Tujuh Kecakapan untuk Bertahan Hidup, meliputi: 1) berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah, 2) bekerja sama dalam jaringan dan memimpin dengan pengaruh, 3) ketangkasan dan mampu beradaptasi. 4) berinisiatif dan kewirausahaan, 5) komunikasi efektif baik lisan maupun tulis, 6) mengakses dan menganalisa informasi), 7) rasa ingin tahu dan daya imajinasi.

Walikota Padangpanjang Fadly Amran menyampaikan terdapat 10 MAPK di Indonesia ini, diantara ke sepuluh itu ada di Kota Padangpanjang yang saat ini tergabung di MAN 2 Padangpanjang. Oleh karena itu dihibahkannya tanah untuk pembangunan MAPK secara khusus di kawasan Islamic Center maka akan menjadi kebanggaan bagi Masyarakat Kota Padangpanjang.

“Apa yang dilakukan Pemko Padangpanjang merupakan upaya untuk memajukan Kota Padangpanjang. Mudah mudahan kita bersama diberikan keberkahan,” kata Wako Fadly.

Dengan adanya MAPK di Kota Padangpanjang, kata Wako Fadly diharapkan dapat melahirkan ulama ulama muda yang menyiarkan agama Islam sampai ke pelosok dunia.

” Saya yakin MAPK dapat melahirkan ulama ulama yang fasih beberapa bahasa, sehingga kekurangan jumlah ulama dapat diisi oleh para ulama muda yang berasal dari Kota Padangpanjang. Saya sangat bermimipi di MAPK itu lahir dai-dai muda yang fasih beberapa bahasa, sehingga bisa menyiarkan islam ke  berbagai negara,” pungkas Wako.

Hadir pada acara penanda tanganan itu, Wakil Walikota Drs. Asrul, Sekda Kota Padangpanjang, Sonny Budaya Putra, AP, M. Si, Kepala Sekolah MAN 2 Padangpanjang Agustamam, S.Ag, serta pejabat Pemko terkait. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas