Pemko Pariaman Adakan Sosialisasi Ketentuan Cukai

Kota Pariaman,Padangtoday.com  — Pemerintah Kota Pariaman mengadakan sosialisasi ketentuan cukai dan UU No 39 tahun 2007 tentang cukai perubahan atas UU No 11 tahun 1995 tentang cukai. Acara yang diadakan oleh DPPKA Kota Pariaman mengundang narasumber dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Wilayah Sumbar-Riau, KPPBC TMP Teluk Bayur Kanwil DJBC Sumbar-Riau Ditjen Bea Cukai RI Ilham Efendi dan Wahyudi. Sosialisasi ini diadakan di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (30/9), dibuka oleh Walikota Pariaman yang diwakili oleh Kepala DPPKA kota Pariaman Indra Sakti.

Advertisements

Dalam sambutannya Kepala DPPKA Indra Sakti mengatakan tujuan diadakan sosialisasi ini sebagai informasi kepada masyarakat yang tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui, memahami, dan mematuhi ketentuan tentang cukai. Dan kepada peserta sosialisasi agar menyampaikan da melaporkan apabila ditemukan adanya hasil tembakau yang dilekati pita cukai palsu, atau tidak dilekati pita cukai pada tempat penjualan eceran maupun pertokoan agar melaporkan pada pemerintah daerah dan akan ditindak lanjuti kepada direktorat jenderal bea dan cukai, ujarnya.

Dijelaskan juga oleh Indra Sakti, penerimaan Pemerintah Kota Pariaman dari cukai di tahun 2010 sebesar 78 juta, dan saat ini penerimaan dana bagi hasil cukai tembakau tahun 2015 untuk pemerintah kota pariaman sebesar Rp.205.695.000. Peserta sosialisasi ketentuan cukai ini terdiri dari utusan SKPD, Desa/lurah, LPM, Karang Taruna, dan pengusaha rokok baik eceran maupun pertokoan. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*