Pemko Pariaman dan Lantamal II Padang Komit Jaga Sumber Daya Laut

Pariaman,Padangtoday.com -Dengan terus menjaga ekosistem laut dan melestarikan terumbu karang dan sumber daya laut yang ada di dalamnya, maka kita akan dapat menuju masyarakat maritime dunia, demikian disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara Olahraga bersama dan bakhti sosial Lantamal II Padang di Pantai Gandoriah, rabu (16/12). Turut hadir dalam acara ini Wakil Komandan Lantamal II Padang TNI AL Kolonel Laut Widhy Sutejo dan Perwira serta jajaran Lantamal II Padang, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kapolres Kota Pariaman AKPB Rico Junaldi, Kasdim 0308 Pariaman Mayor inf. P.Simbolon, Kepala SKPD, Kabag dan pelajar SMK 3 Pariaman dan SUPM Pariaman yang hadir.

Advertisements

Walikota Pariaman mengatakan kegiatan ini adalah kali kedua dilakukan oleh Lantamal II Padang di Kota Pariaman, dimana sebelumnya dilaksanakan penanaman terumbu karang di bulan Agustus untuk menyambut Dirgahayu RI ke 70, yang secara serentak dilakukan oleh TNI AL di seluruh Indonesia, untuk Sumatera Barat dilaksanakan di Kota Pariaman ini, yan Alhamdulillah kita Kota Pariaman mendapat penghargaan dari oleh Kepala Staf TNI AL Laksmana TNI Ade Supandi di Jakarta bulan November kemaren. Dan saat ini kita kembali mengadakan penanaman terumbu karang dan pelepasan tuki (anak penyu) ke laut, sebagai bukti komitmen Pemko dan Lantamal II Padang untuk ikut melestarikan sumber daya laut yang ada di Kota Pariaman.

“Banyak yang dapat kita peroleh dari apa yang kita lakukan saat ini, mulai dari pelestarian lingkungan hidup, ekonomi yang didapat masyarakat, dan tentunnya pariwisata yang saat ini gencar kita lakukan, sehingga kegiatan ini akan menjadi multiplayer effect yang sangat positif untuk kemajuan Kota Pariaman. Dan kita juga menghimbau kepada masyarakat dan para wisatawan yang berkunjung, agar tetap menjaga ekosistem laut kita dengan tidak merusaknya, serta membuang sampah pada tempatnya” jelas Mukhlis Rahman.

Wakil Komandan Lantamal II Padang TNI AL Kolonel Laut Widhy Sutejo mengatakan sipilihnya Kota Pariaman karena saat ini Kota Pariaman sangat komit untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut yang ada di daerahnya. Selain itu Kota Pariaman ini merupakan tempat yang strategis, dengan keberadaannya yang dekat dengan bandara, dan ibukota provinsi Sumbar, sehingga menjadi dayatarik tersendiri bagi wisatawan yang datang kisini, karena itu Lantamal II Padang mendukung apa yang dilakukakan oleh Pemerintah Kota Pariaman dengan cara penanaman terumbu karang yang kali ini berjumlah sebanyak 2383 Terumbu Karang, dan 70 Tukik yang mengartikan HUT TNI AL saat ini.

Selain melepas Tukik dan Penanaman terumbu karang, anggota Lantamal II Padang baik perwira maupun anggotannya melaksanakan senam bersama dengan masyarakat pariaman dan anggota TNI AD, Kepolisian, Satpol PP, Relawan Bela Negara serta Pelajar SMK 3 Pariaman dan SUPM Pariaman. Setelah itu dilaksanakan latihan menembak executive di Pantai Gandoriah oleh para Perwira Lantamal II Padang dan Forkopimda Kota Pariaman dan diakhir acara meninjau penanaman terumbu karang di Pulau Kasiak yang merupakan zonasi inti kawasan konservasi di Kota Pariaman. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*