Pemko Pariaman Dirikan Posko Kabut Asap

Pariaman,PADANGTODAY.COM-Pemko Pariaman dirikan Posko Tangap Darurat Kabut Asap di Kota Pariaman, Jumat 23/10/2015 di Bundaran Tugu Tabuik.
Kabut asap yang melanda Kota Pariaman akhir akhir ini sudah di ambang mengkhawatirkan. Sudah banyak penderita ISPA melanda warga Kota Pariaman.Semakin meningkatnya kabut asap yang menyelimuti Kota Pariaman semenjak dua bulan terakhir ini, udara di Kota Pariaman tidak sehat. Untuk itu Pemko Pariaman dirikan Posko Tangap Darurat kabut  asap. Posko tersebut didirikan tidak jauh dari pusat keramaian, tepatnya di persimpangan Tugu Tabuik yang mengarah ke Pasar.
Kadar partikel yang bisa dikatakan di ambang normal/sehat 0-50 ug/m3, sedangkan kondisi saat ini mencapai 110-120 ug/m3 dengan kadar oksigen 60-70%,” ungkap Genius Umar saat membagikan masker kepada warga.
Wakil walikota pariaman, Genius Umar, mengatakan kabut asap sudah diambang berbahaya. untuk itu pihak Pemko Pariaman dalam pencegahan agar tidak terjangkitnya penyakit melanda warga, dihimbau kepada warga untuk mengunakan masker jika berada di luar rumah.
Selain itu, ia meneruskan, untuk anak sekolah TK dan PAUD diliburkan, sedangkan SD,SMP dan SMA tetap belajar seperti biasa, kata dia.
“Untuk sementara anak sekolah TK dan PAUD kita liburkan, setelah kondisi udara aman TK dan PAUD kembali belajar. Sedangkan SD, SMP dan SMA tetap belajar,” ungkap Genius.
Pada kesempatan itu Wakil Walikota Genius Umar didampingi Sekdako Pariaman, Armen membagi bagikan masker bagi warga yag melintasi posko tersebut. Sebanyak 250.000 masker siap dibagika kepada warga yang hendak keluar rumah, kegiatan pembagian masker tersebut berlangsung selam 10 hari terhitung hari ini.
Ia menambahkan,dengan meningkatnya kabut asap melanda Kota Pariaman, Pemko Pariaman melalui Dinas Kesehatan, dan BPBD Kota Pariaman mengambil kebijakan untuk mengantisipasi  penderita penyakit yang melanda warga kota Pariaman. Diantaranya membagikan masker dan menghimbau masyarakat untuk membiasakan hidup sehat, dan mengurangi aktifitas di luar rumah.
“Masyarakat agar dapat mengurangi aktifitas di luar rumah, kemudian jika keluar pakailah masker, dan mengesumsi air putih yang banyak dan jika sakit silahkan berobat” tandas Genius Umar. (eri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*