Pemko Pariaman Gelar Lomba Bercerita Untuk Tingkatkan Minat Baca Anak

wako menjelaskan kepada kanwil kemenag sumbar dan kakemenag kota pariaman didampingi ketua dprd tentang perlunya kesamaan pelaksanaan UNBK bagi sekolah umum dan madrasyah

Advertisements

Padang-today.com__Dengan adanya lomba bercerita ini, merupakan bentuk pelestarian cerita rakyat kepada generasi muda agar nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sebuah cerita daerah dapat diteladani dan untuk menunjukkan jati diri sebagai anak bangsa, juga memacu tingkat minat anak dalam membaca.

“Diharapkan dengan kegiatan ini anak-anak kita dapat memerangi kebodohan dan kemiskinan melalui penguasaan buku-buku life skill untuk mendapatkan  pengetahuan dan ketrampilan baru”,  ungkap Asisten I Setdako Pariaman

Khaidir dalam acara pembukaan lomba bercerita anak tingkat SD/MI se-Kota Pariaman, baru-baru ini.
Menurutnya, salah satu cara untuk meningkatkan minat baca anak dengan diadakannya berbagai perlombaan, seperti lomba bercerita ini. Selain itu, dengan tingginya tingkat baca anak akan dapat memerangi kebodohan dan kemiskinan ilmu.

Katanya, dengan semakin tingginya minat baca anak, secara sendirinya progam yang telah digulirkan pemerintah untuk memerangi buta aksara dan program literasi dapat berjalan dengan baik.

Ketua Yayasan Gemar Membaca Iidonesia (Yagemi) perwakilan Sumbar, Basri Syafrizal, mengutarakan bahwa dengan lomba bercerita dan membaca ini mampu mencerdaskan bangsa.  Beliau juga mengharapkan dengan adanya dana desa sekarang ini, kepala desa juga ikut membangun perpustakaan di desanya.

“Dengan semakin banyaknya minat membaca dari anak-anak nantinya, maka program literasi yang digaungkan pemerintah pusat, dapat kita laksanakan,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, panitia Kasubag Layanan Pustaka Syafra Jonedi mengatakan Lomba bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Kota Pariaman tahun 2017 ini diselenggarakan tanggal 4 Mei 2017 di halaman Perpustakaan Mohammad Rasjid, Pantai Gandoriah Kota Pariaman, dengan jumlah peserta 16 orang siswa.

Lomba ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan serta untuk mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya lokal, tandasnya mengakhiri. (sgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*