Pemko Pariaman Peringati Hari Pahlawan

Pariaman,Padangtoday.com -Mengenang jasa – jasa pahlawan, Pemerintah Kota Pariaman melakasanakan upacara dalam memperingati hari pahlawan tahun 2015 yang dilaksanakan di lapang upacara Balaikota Pariaman, selasa(10/11).

Advertisements

Bertindak sebagai inspektur upacara Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, dihadiri Wakil Walikota Genius Umar, unsur Muspida Pariaman, Kepala SKPD, Kabag dan Camat se-Kota Pariaman serta segenap undangan lainnya. Upacara diikuti oleh PNS di lingkungan Pemkot Pariaman, Polres Pariaman dan Dandim 0308 Pariaman.

Walikota Pariaman Mukhlis R, mengatakan Peringatan hari pahlawan tahun 2015 mengusung tema “semangat Kepahlawanan adalah jiwa ragaku” Makna dari thema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan, yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotic, ucapnya.

“Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015, difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang”, ujarnya.

Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya. Keadaan ini jauh dari apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada kita semua, tambahnya

Marilah kita renungkan sekali lagi, langkah besar Bapak Bangsa kita seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Wahid Hasyim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Mudzakkir, Agus Salim, Abikusno Tjokrosoeyoso, AA Maramis dan Ahmad Subarjo yang terhimpun dalam Panitia Sembilan  BPUPKI. Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar Negara, sebagai ideologi pemersatu bangsa, juga sebagai spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara, tambahnya lagi.

Dengan momentum ini kita jadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa, untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi Negara maju dan bermartabat.tutupnya.

Selesai upacara rombongan langsung menuju ke taman pahlawan, untuk melaksanakan  tabur bunga. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*