Pemko Pariaman Serahkan Rp74 Miliar Dana Desa

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM- Serah terima pendamping desa antara Walikota Pariaman dengan BPM Provinsi Sumatera Barat berlangsung di Aula Balaikota Pariaman, (15/12). Pada pertemuan silaturrahmi dan serah terima pendamping desa ini, Pemerintah Kota Pariaman diwakili Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, sedangkan kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Provinsi Sumatera Barat di wakili oleh Mukhlis, Pertemuan ini dihadiri oleh Asisten I Khaidir, Kadis BPMD Kota Pariaman Lanefi, kepala SKPD terkait, Camat dan Kepala Desa serta pendamping desa yang akan bertugas sebanyak 35 orang.

Advertisements

Untuk Kota Pariaman anggaran desa yang telah dikucurkan pada tahun 2015 berasal dari dana ADD APBD dan dana desa APBN berjumlah 24 M, sedangkan untuk tahun 2016 yang akan datang naik menjadi 74,4 M, dengan rincian dana ADD APBD 40 M dan dana desa APBN 34,4 M. Di harapkan kepada Pendamping desa yang telah mulai bertugas 1 Desember 2015 ini, dapat mendampingi desa dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa dengan penuh kejujuran dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Dalam sambutannya Kepala BPM Provinsi yang diwakili oleh Mukhlis, menyatakan rasa terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah mengucurkan dana untuk 55 Desa di Kota Pariaman. Dana yang ada agar dapat dimanfaatkan dengan ikhlas penuh kejujuran, penuh tanggung jawab, serta demokrasi dan disinergikan dengan program-program yang akan dilaksanakan. Lebih lanjut Mukhlis juga mengatakan perlunya kerjasama dan koordinasi antara pemerintah Provinsi, pemerintah kota dan desa dalam penggunaan dana anggaran desa agar dapat dinikmati oleh masyarakat desa, sehingga tidak terdapat lagi warga miskin, khususnya di Kota Pariaman.

Senada dengan Mukhlis, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar juga mengatakan para pendamping desa yang telah ditunjuk dapat membantu Kepala Desa membuat perencanaan yang partisipatif, mengawasi, membantu kepala desa dalam pelaksanaan kegiatan serta membantu membuat laporan pertanggung jawaban dana yang telah digunakan. Wakil Walikota Pariaman juga memberikan apresiasi kepada seluruh Kepala Desa yang telah melaksanakan pembangunan dengan dana anggaran desa pada tahun 2015 karena hasil pembangunan yang telah dilaksanakan dapat dinilai baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Pariaman.

Dalam sambutannya, Genius Umar menyatakan bahwa Pemerintah Kota Pariaman telah mengeluarkan kebijakan Anggaran Tahun 2016 dalam penggunaan dana ADD APBD untuk dapat dipergunakan untuk membiayai Dubalang Desa/Satlinmas, K3, Biaya Guru mengaji (MDA/TPA/TPSA), pelayanan kesehatan, dana pemberdayaan masyarakat, serta untuk membiayai penghasilan tetap aparat pemerintah desa serta belanja operasional pemerintah desa.

Menutup sambutannya, Genius Umar meminta kepada SKPD terkait BPMD, DPPKA, Bappeda, BLH, Ekbang, Hukum, PU, Pemerintahan dan Satpol PP segera memberikan pembinaan intensif dan mensosialisasikan aturan-aturan yang berlaku dan kepada inspektur melaksananakan pembinaan dan pengawasan sesuai dengan aturan yang berlaku. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*