Pemko Payakumbuh Sikapi Positif Kebijakan Ekonomi V Jokowi

Walikota Riza Falepi dan isteri yang akan bertolak ke Tanah Suci Mekkah, Sabtu mendatang.

Walikota Riza Falepi

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Paket  Kebijakan Ekonomi V  yang diluncurkan Presiden Joko Widodo,  disikapi positif  Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dengan membuat kebijakan, mengeluarkan perizinan serba cepat. Walikota Riza mengingatkan, agar Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Payakumbuh,  responsif dengan kebijakan nasional ini. Jjangan sampai ada warga mengeluh karena pengurusan perizinan yang berbelit.

Penegasan tersebut disampaikan Walikota Riza Falepi, dalam rapat koordinasi dengan seluruh pimpinan SKPD di jajaran pemko, di aula balaikota, Jumat (23/10). Rakor tersebut dipimpin Sekdako H. Benni Warlis, bersama Asisten I Yoherman dan Asisten III Iqbal Bermawi,  itu tindak lanjut dari Rakor kepala daerah seluruh provinsi dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu sebelumnya.

Mengeluarkan surat perizinan yang cepat kepada calon investor, disebut walikota, akan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dalam mengeluarkan izin, tegasnya, jangan sampai ada yang meminta fee. Jika ada yang berbuat meminta fee, kita akan nolmkilometerkanmpejabatnya, tegas walikota.

Selain  memudahkan pengeluaran izin, termasuk surat keterangan  usaha bagi pelaku ekonomi mikro,  walikota juga meminta seluruh jajaran  perbankan di Payakumbuh, untuk  tidak membatasi jumlah kredit usaha rakyat (KUR).

Menurut walikota,  jika ada pihak perbankan yang mempersulit menyalurkan KUR kepada pelaku usaha, silahkan melaporkannya kepada walikota. “Kita akan tindak lanjuti laporan pelaku usaha, jika tak mendapat sambutan baik dari pihak bank,” tegasnya.

Walau begitu,  kata Walikota,  pihaknya akan melakukan koordinasi dengan jajaran perbankan  di Payakumbuh, menyangkut dengan kebijakan pemerintah pusat dalam penyaluran KUR itu. “Kita berharap, pihak bank menyalurkan KUR sebanyak-banyaknya kepada pelaku usaha mikro yang selama ini banyak terkendala dengan permodalan dimaksud.

Sementara itu, dalam menekan laju  inflasi di Sumatera Barat, khususnya di Payakumbuh ke depan, Walikota Riza Falepi meminta TIPD (Tim Inflasi Pemerintah Daerah), juga lebih serius memonitor penyebab terjadinya inflasi di Payakumbuh. Ciptakan iklim dunia usaha yang sehat, dengan meningkatkan produksi dari segala sektor.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*