Pemko Sediakan Lokasi Pabukoan

“Kami sudah sediakan lokasi ‘pasa pabukoan’ di lapangan Anas Karim,” kata Kepala Kantor Pasar Kota Padang Panjang Renofen

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyediakan lokasi “pasa pabukoan” (jajanan berbuka puasa) bagi masyarakat yang akan menjual penganan untuk berbuka puasa selama Ramadhan 1437 Hijriah.

“Kami sudah sediakan lokasi ‘pasa pabukoan’ di lapangan Anas Karim,” kata Kepala Kantor Pasar Kota Padang Panjang Renofen di Padang Panjang, Senin.

Ia menyebutkan, dipilihnya lapangan Anas Karim sebagai lokasi “pasa pabukoan”, karena lokasi lama yang berada di terminal mikrolet sudah ditempati oleh pasar penampungan.

“Lokasi ‘pasa pabukoan’ kali ini juga berdekatan dengan pasar kuliner, karena lokasi yang lama sudah ditempati kios penampungan bagi pedagang yang berjualan di pasar Padang Panjang,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebelum menetapkan lokasi “pasa pabukoan”, Pemkot telah melakukan beberapa kali rapat koordinasi dengan Muspida plus, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Dinas Tata Ruang dan Kebersihan, serta pihak terkait lainnya.

Menurut dia, diperkirakan puluhan pedagang bisa berjualan di tempat yang telah disediakan. Pedagang yang akan menghuni tenda, sebelumnya harus mendaftar Kantor Pengelolaan Pasar kemudian dibuat kesepakatan termasuk waktu mulainya melakukan aktivitas para pedagang penganan berbuka puasa.

Dia menyebutkan, di lokasi “pasa pabukoan” nantinya akan mendapatkan pengawasan dari petugas keamanan sebagai antisipasi dari berbagai kegiatan yang mengganggu kenyamanan pedagang maupun pembeli yang datang ke lokasi tersebut.

Dia berharap semua pedagang baik yang di “pasa pabukoan” yang dikelola Pemkot maupun di tempat lain di Padang Panjang untuk saling menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan dan menghargai orang yang berpuasa.

“Jangan sampai terganggu ketenangan, kenyamanan orang yang puasa, kalau kita berjualan di tengah hari atau siap Zuhur. Makanya berjualan lah di waktu Ashar agar yang berpuasa tidak mencium aroma penganan, atau masakan lainnya,” jelasnya.

Salah seorang pedagang Irman mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Padang Panjang yang sudah menyediakan lokasi “pasa pabukoan” bagi masyarakat yang ingin menjajal penganannya selama bulan suci Ramadhan.

“Kami akan manfaatkan lokasi ‘pasa pabukoan’ yang sudah disediakan Pemkot Padang Panjang,” katanya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*