Pemkot Pariaman Berhasil “Jual “ Pulau Angso Duo

Pualau Angso Duo Kota Pariaman.

Pualau Angso Duo Kota Pariaman.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Selama ini Pemerintah Kota Pariaman hanya menjual objek wisata pantai kepada wisatawan, namun semenjak beberapa tahun belakangan berkat kerja keras Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bersama jajarannnya untuk mengembangkan objek wisata kini berhasil menjual wisata pulau kepada wisatawan.

Tidaklah sulit untuk mencapai Kota Pariaman hanya berjarak 56 Km dari Kota Padang, sementara kalau dari Bandara Internasional Minangkabau hanya berjarak 25 Km saja. Untuk menuju kota kecil dipinggir laut ini bisa juga menggunakan bis angkutan umum, kereta api wisata atau menggunakan jasa travel. Kalau anda dari luar daerah ingin menginap dapat menginap di hotel berbintang serta tempat-tempat penginapan yang ada di Kota Pariaman.

Saat ini pulau yang banyak dikunjungi wisatawan adalah pulau angso duo. Kalau cuaca baik, ratusan orang setiap hari berkunjung ke pulau angso duo untuk menikmati keindahan pulau yang berpasir putih serta pesona alam bawah laut tersebut.
Kalau anda sudah sampai di Kota Pariaman kalau ingin ke pulau tidaklah terlalu sulit anda cukup mendatangi muara pantai gandoriah, disini banyak kapal yang akan mengantar ke Pulau Angso. Hanya menempuh perjalan selama 15-20 menit saja, anda sudah sampai di pulau yang cukup eksotis tersebut.

Sesampai di Pulau Angso Duo anda dapat menyisir pantai dengan berjalan kaki lewat di tengah pulau yang didominasi vegetasi hutan dengan jenis pohon seperti aru dan kelapa. Tak perlu takut tersesat karena di tengah hutan disediakan jalur pejalan kaki yang memudahkan wisatawan.

Pasir putih Angso Duo yang bersih dan lembut saat dipijak, terasa lengkap oleh air laut jernih dan berombak kecil. Di pulau ini ada mitos bahwa jika dapat mengelilingi pulau dengan berjalan kaki kemudian berdoa, apa yang diharapkan akan terwujud.

Di kawasan hutan ini juga terdapat obyek wisata pendukung, yaitu makam berusia ratusan tahun sepanjang empat meter yang sering dikunjungi wisatawan untuk berziarah. Makam itu diyakini milik Syekh Katik Sangko (kerabat Syekh Burhanuddin, ulama penyebar Islam di Minangkabau). Nama ulama tersebut dikaitkan dengan mitos asal mula nama Pulau Angso Duo, yakni petunjuk berupa awan berbentuk angsa yang membawa sang ulama datang dan menetap ke pulau itu.

Pulau Angso Duo memang indah. Tidak hanya pasir putih dan ombak yang tenang, pulau itu juga memiliki kekayaan bawah laut yang memesona. Di sisi timur pulau terdapat terumbu karang seperti jenis arcopora serta biota laut seperti teripang. Terdapat juga berbagai jenis ikan hias dan karang sehingga cocok untuk wisatawan yang gemar snorkeling dan menyelam.

Tulisan ini bukan cerita yang mengada-anda. Kalau anda ingin bukti silahkan anda datang saja bersama keluarga atau kerabat anda ke Kota Pariaman. Yang jelas anda tidak tidak akan rugi, karena menikmati wisata pulau akan dapat membangkitkan semangat dan menghilang rasa stress anda. (Darwisman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*