Pemkot Pariaman Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

 
Pariaman, PADANGTODAY.com-Pemandu wisata itu harus memilki pengetahuan yang luas dan kaya dengan ilmu untuk ditrasformasikan kepada wisatawan yang datang. Hal ini disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman disaat membuka pelatihan pemandu wisata di hotel Madina Pariaman, Selasa 25/08/2015.

Advertisements

Pemkot Pariaman melalui dinas Pariwisata mengelar pelatihan ini selama dua hari, dimulai hari Selasa 25-26 dan berakhir hari Rabu dibuka secara resmi oleh walikota Pariaman Mukhlis Rahman.

Katanya, melalaui pelatihan pemandu wisata ini lah para pemandu dapat mengarahkan pelancong untuk berwisata di Kota Pariaman, jelasnya.

Dijelaskan, pelatihan yang diberikan kepada 25 calon pemandu tersebut merupakan suatu langkah yang sejalan dengan visi misi Kota Pariamanuntuk menjadikan kota tujuan wisata.

Lebih jauh dijelaskan, Pariaman merupakan suatu wilayah yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan daerah lainya di Sumbar. Oleh karena itu fokus pemerintah setempat saat ini pada sektor wisata, papar mukhlis.
Sebelumnya, tambah Mukhlis, pada 2014 lalu sudah ditetapkan 35 pemandu wisata yang siap melayani dan mengarahkan para pelancong yang ingin ke daerah itu.

“Jika ingin memajukan dan mengembangkan potensi daerah khususnya pariwisata, maka masyarakatnya juga harus bisa membangun jiwa pariwisata,”ungkap Mukhlis

Selain itu, masyarakat harus mau diatur untuk memajukan daerah kita, jika tidak semua tidak akan berjalan baik,ucap dia.

Kemudian, pelayanan dan pengetahuan tidak hanya terfokus kepada calon pemandu wisata saja. Namun hal tersebut juga hendaknya dilakukan bagi semua masyarakat, tandasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Efendi Jamal, mengungkapkan, pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari 25 hingga 26 Agustus di salah satu hotel di kota itu.

Salah satu tujuan utama dilaksanakanya kegiatan tersebut ialah untuk mempersiapkan se awal mungkin kota itu untuk menjadi kota tujuan wisata.

Selain itu, juga bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap melayani siapapun untuk datang melancong ke daerah itu.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*