Pemkot Pariaman Launching Pariaman Fashion Parade 2017

Model memperagakan rancangan desaigner pariaman fashion parade 2017

Advertisements

Padang-today.com__Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, (Sumbar) menggelar launching atau peluncuran Pariaman Fashion Parade 2017 untuk membantu mempromosikan berbagai kerajinan lokal daerah itu.

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, Minggu 09-04-2017 di Pariaman, mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda atau kalender rutin yang terus dilakukan pemerintah daerah untuk menunjang pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat.

“Pariaman merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata di Sumbar, oleh sebab itu berbagai kerajinan lokal unggulan seperti Sulaman Benang Emas, Sulaman Kapalo Samek harus dikembangkan dan dipromosikan secara berkelanjutan,” kata dia, saat membuka launching Pariaman Fashion Parade 2017.

Ia mengatakan kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi modal dan kesempatan bagi para desainer lokal untuk belajar kepada para desainer luar daerah yang ikut serta dalam kegiatan itu.

“Kegiatan ini tidak hanya melibatkan para desainer lokal, namun dari berbagai daerah seperti Kota Pekanbaru, Medan, Kota Padang dan Jakarta ikut ambil bagian sehingga para desainer lokal harus bisa memanfaatkan diri untuk menambah kreatifias produk lokal,” katanya.


Ia menjelaskan, Kegiatan itu juga bertujuan untuk mengangkat dan mempromosikan produk unggulan daerah ke tingkat nasional seperti bordir, sulaman, dan rajutan yang mampu bersaing di pasaran.

Menurutnya selama ini Sulaman Benang Emas Nareh hanya banyak digunakan masyarakat sebagai kegiatan pesta atau hajatan, namun kedepan hal itu diharapkan dapat dipasarkan lebih luas ke berbagai daerah.

“Dengan adanya ajang Pariaman Fashion Parade ini, kerajinan daerah dapat lebih dikenal ke berbagai daerah,” ujarnya.

Selain itu tambahnya, kegiatan tersebut sekaligus ajang membantu mempromosikan potensi sumber daya alam seperti wisata bahari.

Ia mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan mempromosikan kekayaan objek wisata yang dimiliki.

Sementara itu kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) setempat, Gusniyetti Zaunit mengatakan tujuan utama dari penyelenggaraan untuk mengangkat dan memajukan sektor industri kecil dan menengah di daerah itu.

“Tahun ini pemerintah daerah akan menghadirkan 11 desainer dari berbagai daerah, kegiatan utama dilakukan pada 6 dan 7 Mei 2017 di Pantai Gandoriah,” kata dia.

Pemerintah berharap ajang tersebut dapat dimanfaatkan oleh desainer lokal untuk belajar kepada para desainer yang sudah memiliki kemampuan lebih.

Gusniyetti menyebutkan daerah itu telah memiliki hasil kerajinan yang berkualitas dan tidak kalah bersaing dengan daerah lainya.

Ia mengatakan launching tersebut sengaja dilakukan berjarak satu bulan agar masyarakat dapat mengetahui kegiatan intinya digelar pada 6 dan 7 Mei 2017. (Suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*