Pemprov Sumbar Bantu Korban Kebakaran Pasar Tiku

Wakil Gubernur Muslim Kasim menyerahkan bantuan kepada Bupati Agam Indra Catri pasca musibah kebakaran pasar Tiku, Agam

Wakil Gubernur Muslim Kasim menyerahkan bantuan kepada Bupati Agam Indra Catri pasca musibah kebakaran pasar Tiku, Agam

Tanjung Mutiara, PADANGTODAY.com – Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran pasar Tiku Kecamatan Tanjungmutiara yang diterima secara simbolis oleh Bupati Agam Indra Catri. Penyerahan bantuan dari Pemprov senilai Rp 100 juta terseut dilakukan saat kunjungan Wagub ke lokasi kebakaran pasar Tiku, Selasa (5/8).

Kebakaran yang terjadi pada Senin (4/8) menghanguskan 43 petak toko dan 2 ruko tersebut menelan kerugian hingga lebih dari Rp 2.5 Milyar.

Muslim Kasim menyampaikan rasa duka yang mendalam terhadap korban musibah kebakaran dan meminta para pedagang yang menjadi korban agar bersabar.

“Kita bersama pak Bupati Agam sepakat agar pada masa-masa transisi dari pembangunan kembali ini para pedagang dapat dinormalisasi kembali dengan pembangunan tempat penampungan sambil menunggu tempat yang baru selesai dibangun,” ujar Muslim Kasim.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan yang diserahkan tersebut adalah baru tahap pertama, nantinya Pemerintah Daerah akan memberikan perhatian serius.

“Kalau ada proposal dari Bupati, pihak Provinsi akan mempercepat prosesnya sehingga bantuannya cepat diproses” tambahnya.

Sementara itu Bupati Agam Indra Catri mengatakan, Pemkab Agam telah menyerahkan berbagai bantuan seperti makanan dan kebutuhan sehari-hari.

“Ini merupakan sebuah musibah yang tidak dikehendaki oleh semua pihak, namun kita menghimbau kepada para korban untuk lebih bersabar dalam menghadapi musibah ini. Kita dari Pemkab akan mengusahakan berbagai upaya untuk percepatan pembangunan kembali pasar Tiku ini dengan menggandeng berbagai pihak dan instansi, sehingga roda perekonomian masyarakat disini bisa berjalan lagi sebagaimana biasanya,” kata Bupati Agam Indra Catri.

Selain bantuan dari Pemprov Sumbar, pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan dari Bank Nagari sebesar Rp 5 juta kepada korban kebakaran, disamping itu Bank Nagari memberikan solusi bagi yang mendapat bantuan-bantuan kredit akan direstrukturisasi kembali untuk cicilan bunga maupun pinjaman pokoknya ditunda sehingga kondisi pulih kembali. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*