Pemuda Harus Ingat Tanggung Jawab

PADANGPARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Saat ini kondisi pemuda Indonesia mengalami degradasi moral, terlena dengan kesenangan dan lupa akan tanggung jawab sebagai seorang pemuda. Tidak banyak pemuda yang peka terhadap kondisi sosial masyarakat saat ini, dalam urusan akademik pun banyak Siswa tidak menyadari bahwa mereka adalah insan akademis yang dapat memberikan pengaruh besar dalam perubahan menuju kemajuan bangsa.
Hal ini di ungkapkan Elda Husniwar saat membacakan sambutan terltulis Bupati Padang Pariaman pada saat membuka acara Pembinaan Generasi muda se kabupaten Padang Pariaman beberapa hari yang lalu di Islamic center Pariaman.
Acara yang digelar oleh Bagian Kesra setdakab Padang Pariaman ini, di ikuti oleh seluruh perwakilan SMA/SMK sederajad di kabupaten Padang Pariaman.
Lebih lanjut Elda menyampaikan bahwa Problematika pemuda yang terbentang di hadapan kita sekarang sangatlah kompleks, mulai dari masalah pengangguran, krisis eksistensi, krisis mental hingga masalah dekadensi moral. Budaya permisif dan pragmatisme yang kian merebak membuat sebagian pemuda terjebak dalam kehidupan serba instant, hedonis, dan terlepas dari idealisme sehingga cenderung menjadi manusia yang anti sosial.
Masalah lain yang turut menjadi pemicu terancamnya posisi pemuda adalah lemahnya pengawasan orang tua, keluarga, serta orang terdekat termasuk pula lemahnya pemahaman pemuda terhadap agama, melanggar tatanan hukum yang berlaku, dan lain sebagainya mengakibatkan pemuda banyak terjerumus dalam pusaran pergaulan yang mengantarkan pemuda pada titik kehancuran.
Saya melihat fenomena sekarang betapa banyak pemuda dan pemudi melakukan hal hal yang mubazir, seperti bermain game di warnet, keluyuran saat jam belajar, berkumpul dan mebicarakan hal yang mubazir lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya (facebook, twiter, WA, Instagran dst), dengan membangun komunitas komunitas yang membuat mereka lupa akan hakikat kehidupan yang sebenarnya.
Selanjutnya kepada para generasi muda. Elda menyampaikan pesan Bupati padang pariaman “
Ingat, kita semua adalah tumpuan banyak orang. Jangan sia siakan masa muda anda, lakukanlah hal yang bermanfaat, ingat doa dan harapan orang tua kita, jangan kecewakan mereka, jadilah generasi yang bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan Agama, pacu prestasi mari berlomba dalam kebaikan dan kesabaran (fastabiqul khairat) inilah Hakikat hidup yang sebenarnya”.
Berkaitan dengan Maraknya propaganda yang akan merusak dan menghancurkan Suatu Negara, khususnya terhadap pemuda kita akan sangat mudah kita tangkis jika pemuda kita memiliki hati yang mencintai Allah, dan gemar mendalami Alquran sebagai Pedoman hidup.
“Narkoba, sek bebas (pergalulan bebas), HIV/AIDS dan aksi radikalisme merupakan Ancaman Serius Bagi Generasi Muda kita saat ini. Jangan samapai Ananda terjerumus kedalam hal di atas, karena itu akan mengahancurkan masa depan kita.”

Advertisements

Oleh karena itu mari bangun gaya hidup sehat bagi remaja/pemuda, yaitu melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, membentuk keluarga, menjadi anggota masyarakat, dan mempraktikkan hidup sehat.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*