Pendapat Fraksi Bintang Nasdem DPRD Terhadap 9 Ranperda yang Diajukan Pemko Payakumbuh

Para SKPD ketika menghadiri paripurna keputusan 9 ranperda

Para SKPD ketika menghadiri paripurna keputusan 9 ranperda

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Juru Bicara DPRD Kota Payakumbuh Mawi Etek

Arianto, membacakan Laporan Hasil Pembicaraan Tingkat  II Terhadap Pembahasan 9 (Sembilan) Ranperda Kota Payakumbuh Masa Sidang Pertama 2015 dalam sidang Paripurna DPRD Senin (20/4). Bahwa Walikota Payakumbuh pada 23 Januari 2015 yang lalu, telah menyampaikan Nota Penjelasan 9 (sembilan)  Ranperda  Kota Payakumbuh Masa Sidang Pertama Tahun 2015.

Fraksi Bintang Nasdem

Setelah mempertimbangkan Aspek Yuridis, Filosofis dan Sosiologis, serta dengan mengharap Ridho serta Kasih Sayang Allah SWT, kami sampaikan Pendapat Fraksi Bintang NasDem terhadap 9 Buah Rancangan Peraturan Daerah yang telah disampaikan oleh Pihak Eksekutif dan telah dilakukan Pembahasan oleh Pansus.1-2-3 DPRD Kota Payakumbuh adalah sebagai berikut :

  1. Sepanjang memenuhi aspek Yuridis, Filosofis dan Sosiologis, tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, berdampak positif untuk kemajuan Kota Payakumbuh, sebagai upaya peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, serta tidak bertentangan dengan Norma Agama, Adat & Budaya, maka kami dapat menerima 6 (enam) buah Ranperda untuk Disyahkan menjadi Perda sesuai dengan catatan dan naskah finalisasi yang telah dibahas oleh Pansus.1,2,3, yaitu :

1)    Ranperda tentang Perubahan Perda No.02 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kota Payakumbuh.

2)    Ranperda tentang Perubahan Perda No.02 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh.

3)    Ranperda tentang BUMD.

4)    Ranperda tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

5)    Ranperda tentang Perubahan Perda No.07 Tahun 2010 tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor.

6)    Ranperda tentang Perubahan Perda No.15 Tahun 2011 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Dengan suatu ketegasan bahwa seluruh catatan dan rekomendasi dari Pansus 1, Pansus 2 dan Pansus 3 DPRD Kota Payakumbuh sangat kita hormati dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

  1. Karena belum terpenuhinya aspek Yuridis, Filosofis dan Sosiologis, masih ada sebahagian muatan ranperda yang bertentangan dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, rekomendasi dari Pansus.1, Pansus.2 dan Pansus.3 DPRD Kota Payakumbuh, maka kami menolak 3 (tiga) buah Ranperda, untuk selanjutnya dikembalikan ke Pemko Payakumbuh guna dilakukan penyempurnaan, revisi dan penyesuaian dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, yaitu :

1)    Ranperda tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

2)    Ranperda tentang Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan dalam Kota Payakumbuh.

3)    Ranperda tentang Pengelolaan Area Pasar Kota Payakumbuh.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*