Penemuan Biskuit Anti Flu Burung

ILUSTRASI FLU BURUNG

ILUSTRASI FLU BURUNG

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Indonesia terus mengembangkan berbagai antibodi, menyusul munculnya berbagai penyakit jenis baru, seperti flu burung.

Sampai saat ini, vaksin pencegah flu burung belum ditemukan di belahan manapun. Namun itu bukan akhir dunia, para akademisi dan profesor di Institut Pertanian Bogor berhasil menemukan biskuit anti flu burung yang berbahan dasar kuning telur.

“Diciptakan kue yang dibuat dari bahan dasar kuning telur, yang mengandung IgY anti H5N1. Kue ini dapat digunakan sebagai imunisasi pasif atau meningkatkan antibodi yang dapat mencegah flu burung,” jelas inovator kue anti flu burung Profesor Retno Soedjono dalam rilis 106 Inovasi Indonesia 2014 Kemenristek Dikti, Selasa (5/5).

Para penemu yang terdiri dari para dokter hewan Retno Soedjono, IWT Wibawan, Sri Murtini, Okti N Poetri telah menjamin produk mereka aman. Sebab mereka telah melakukan uji lapangan.

“Produk ini juga berpeluang untuk dikembangkan dalam industri biologi, tidak menimbulkan resistensi dan bahan baku mudah didapat dan murah,” tandasnya.

Produk tersebut sampai saat ini belum dipatenkan dan menanti kerja sama bisnis secara terbuka. Kue yang mirip dengan cookies ini dipilih oleh Kemenristek Dikti sebagai satu dari 106 inovasi unggulan di tahun 2014.

 

(bal/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*