Penerbit PT. Erlangga Dan Pustakawan Nasional Bimbing Pengelola Pustaka Se Tanah Datar

Fhoto : Kadis Perpustakaan Dan Kearsipan Tanah Datar, Marwan didampingi Pustakawan Nasional Rudi Hernanda dan Pimpinan PT. Erlanga Hasanul saat membuka Seminar Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan.(ddy)

Advertisements

TANAH DATAR, www.padang-today.com,- Dalam rangka memberikan pemahaman pentingnya pengelolaan perpustakan di sekolah dan nagari, perusahaan penerbit buku terkenal PT. Erlangga dan pustakawan nasional Rudi Hernanda kenalkan managemen pengelolaan perpustakaan yang baik kepada pengelola pustaka sekolah dan nagari, Kamis (10/0518) di Aula kantor dinas setempat.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Tanah Datar, Marwan mengatakan, untuk meningkatkan minat baca harus dimulai dari managemen pengelolaan perpustakaan yang baik dan personil SDM yang terampil agar bisa mempengaruhi minat baca kepada masyarakat.

“Memperbaiki managemen pengelolaan pustaka, melengkapi buku bacaan yang baik salah satu sokusi meningkatkan minat baca, baik di sekolah maupun ditengah masyarakat. Sekolah dan nagari harus ambil andil dalam meningkatkan kelengkapan buku dan fasilitas pustaka nagari yang sudah ada,” ungkap Marwan.

Untuk itu, katanya dengan melakukan inovasi agar tujuan itu tercapai pihaknya menemukan program ini dengan mengandeng perusahaan PT. Erlangga dan pustakawan nasional untuk memberikan motivasi serta masukan bagaimana pengelolaan perpustakaan yang baik.

“Alhamdulillah, niat baik ini didengar oleh pihak PT. Erlangga dan juga bapak Rudi Hernanda. Dengan anggaran DPA yang terbatas, kita dibantu dari dana CSR perusahaan untuk melakukan pelatihan bagi pengelola pustaka sekolah dan nagari,” tutur Marwan.

Seminar yang diikuti oleh guru dan petugas pengelola pustaka tersebut ucapnya diharapkan dapat dikembangkan menjadi managemen yang baik untuk menumbuhkan minat baca bagi anak didik dan masyarakat di nagari.

Sementara itu, Pimpinan PT. Penerbit Erlangga Cabang Sumatera Barat Hanasul menyampaikan, jika inisiatif dinas kearsipan ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan pustaka di nagari yang sangat bermanfaat bagi masuarakat.

“Kegiatan ini sudah sering kami lakukan ke daerah kabupaten/kota lain, namun inisiatif mendatangkan pustakawan nasional oleh dinas adalah hal yang sangat inovatif,” kata Hanasul.

Seminar managemen teknis pengelolaan perpustakaan ini, dihadiri oleh 150 peserta, yang terdiri dari para guru dan petugas pustaka nagari serta Mahasiswa IAIN Batusangkar dati jurusan perpustakaan.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*