Penertiban Kota, Satpol PP Efektifkan Patroli Bersepeda

Padangpanjang, Padangtoday–Terletak sebagai kota yang di persimpangan, menuntut Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui instansi terkait harus konsisten terhadap terhadap keindahan dan ketertiban daerah berjuluk Serambi Mekkah tersebut.

Advertisements

Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis menyampaikan harapannya terhadap setiap orang yang melintasi serta warga daerah berhawa sejuk itu menikmati keindahan dan ketertiban serta kenyaman. Karena itu ditegaskannya, wajah Kota Padangpanjang harus selalu bersih dari sampah serta pedagang liar.

Termasuk kaitannya dalam tahun kerja 2016 ini, potensi wisata menjadi salah satu program utama pemerintah daerah setempat. Di antara program terkait pariwisata tersebut, yakni terus melakukan pengembangan sejumlah objek wisata baru seperti Air Terjun Tujuh Tingkat dan wisata kuliner.

“Ketertiban dan keindahan kota tentu menjadi salah satu pendorong tingkat kunjungan wisatawan ke daerah kita. Karena itu terhadap Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kita tegaskan untuk terus melakukan patroli dan menertiban terhadap berbagai hal yang akan merusak pemandangan masyarakat pengunjung,” ungkap Wako Hendri melalui selulernya.

Kepala Satpol PP Kota Padangpanjang, Yoni Aldo menyampaikan pihak terus melakukan operasi penertiban. khususnya dalam sepekan ini hingga Sabtu (16/1) mendatang, personil Satpol PP yang dibagi dalam beberapa tim akan melakukan penertiban terhadap pedagang yang memanfaatkan trotoar dan lainya.

“Penertiban seperti ini akan kita lakukan setiap hari hingga tidak ditemukan lagi pengalihan fungsi trotoar yang tidak hanya mengganggu pejalanan kaki, tapi juga merusak pemandangan. Beginilah salah satu cara untuk membuat kota kita tanpak bersih dan rapi,” ujar Yoni Aldo di sela-sela penertiban, Minggu (10/1) pagi kemarin.

Khusus terhadap pembebasan tortoar dari berbagai aktivitas yang dapat mengganggu pejalan kaki serta keindahan kota, Yoni mengaku akan bertindak tegas tanpa pandang bulu. Selain itu, penertiban juga diarahkan terhadap anak-anak yang berkeliaran di kawasan Pasar Padangpanjang, di saat jam sekolah atau larut malam.

Disebutkan, setiap pagi Pol PP akan patroli wilayah dengan sepeda dan bila ada temuan di lapangan, seperti penumpukan material bangunan yang mengganggu trotoar atau bahu jalan, segera menyerukan si pemilik untuk membersihkan.

“Target hingga Februari mendatang, seluruh kota sudah bersih. Tidak ada lagi yang mengganggu pemandangan di trotoar dan badan jalan di Kota Padangpanjang. Sehingga kota ini tertip dilihat dan nyaman dikunjungi,” tegasnya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*