Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri Se-Sumbar Resmi Menggunakan PTSP

Padang Panjang, Padang-Today.com – “Jangan ada lagi main pintu samping atau pintu belakang” ujar Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum MA-RI Dr. Haswandi, SH, SE, M.Hum saat meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri se-Wilayah Hukum Pengadilan  Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Kota Padang Panjang, Senin (25/6).Pelaksanaan PTSP mulai hari ini di Sumbar harus melalui satu pintu, tidak ada lagi pintu-pintu lainnya, sebab satu pintu inilah nantinya yang akan melancarkan seluruh proses yang dilewati.

Advertisements

Haswandi sangat mengapresiasi sekali PTSP ini diresmikan, sebab seluruh pengadilan negeri yang ada di Sumbar sudah teragreditasi bahkan mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah kita sudah mencapai 100 persen untuk agreditasi PTSP ini, jangan pernah menyerah mari kita tingkatkan lagi,” katanya.

PTSP ini kita ciptakan semata-mata hanya untuk meningkatkan transparansi badan peradilan, “saya hanya akan mengingatkan kepada semua yang akan menjadi operator PTSP ini agar betul-betul prima melayani nantinya, dan yang bertugas hanya satu serta petugas ini benar-benar sudah dibina dan memahami tentang PTSP ini,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar Husni Rizal, SH mengatakan, PTSP ini merupakan pelayanan terintegritasi dan hal baru yang akan dikembangkan, dan PTSP ini nantinya akan membawa pelayanan yang transparan.

“Insya Allah PTSP ini nantinya akan mempercepat pelayanan yang ada di badan pengadilan negeri ini,” katanya.

Sebenarnya PTSP ini sudah lama di laksanakan, namun di Sumbar baru kali hari ini kita resmikan, semoga setelah diresmikan nantinya dapat mempermudah pelayanan yang ada, serta semua jajaran bekerja dengan efektif dan melaksanakan tugas dengan baik, tambahnya.

Sedangkan Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, BSBA yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Emir Emil Elmaulid mengucapkan terimakasih karena telah mempercayai Kota Padang Panjang sebagai tempat peremian PTSP ini.

PTSP ini sangat membantu sekali dalam hal melayani apapun yang dibutuhkan, sebab ini lah yang akan memperjelas segala proses yang dilakukan.

“Selama ini kita mengetahui bahwa Pengadilan Negeri banyak memberikan pelayanan, apalagi di Kota Padang Panjang ini pelayanan masyarakat rata-rata 420 perkara setiap bulannya, maka dari itu kita membutuhkan PTSP ini,” ujar Emir.

PTSP ini sangat bagus apalagi sudah didukung oleh aplikasi berbasis web, “Kami yakin kehadiran PTSP di Pengadilan Negeri di Sumbar akan memberikan kemudahan dan kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berurusan dengan Kantor Pengadilan Negeri,” tambah Emir.

Semoga dengan adanya PTSP berbasis web ini dapat bersinergi dengan sejumlah aplikasi yang juga sudah diterapkan di Daerah masing-masing, tutup Emir.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*