Pengendalian Inflasi Daerah Irwan : “Perekonomian Tinggi Jangan Sampai Inflasi Juga Ikut Tinggi”

Padang Panjang, Padang-Today.com – sebanyak 60 peserta mengikuti Pembekalan/Sosialisasi Pengendalian Inflasi Daerah bagi Pimpinan OPD, Staf Ahli, Asisten, Kepala Bagian, Camat dan Lurah se-Kota Padang Panjang yang dibuka langsung Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM di Hall Balaikota Lantai III, Selasa (3/4).Dengan mendatangkan narasumber dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakili Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Bimo Efrianto, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Heri Nofiardi, SE, MM, BPS Provinsi Sumbar yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Statistik Niaga dan Jasa Ir. Reniwati, dan Sekretaris Daerah Indra Gusnady, SE, M.Si.

Advertisements

Irwan dalam sambutannya mengatakan inflasi adalah keadaan di mana terdapat kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa secara umum serta berlangsung secara terus-menerus yang diakibatkan oleh ketidak- seimbangan arus barang dan uang dalam suatu perekonomian.

“Inflasi sangat merugikan kepada masyarakat baik selaku konsumen maupun produsen, percuma pertumbuhan ekonomi tinggi jika inflasinya juga tinggi,” ujar Irwan.

Pengendalian Inflasi merupakan prioritas nasional yang harus ditindak lanjuti oleh seluruh daerah, karena inflasi dipengaruhi oleh berbagai faktor maka pelaksanaan pengendalian inflasi memerlukan penguatan koordinasi dari OPD, Kabupaten/Kota serta Provinsi.

Untuk itu seluruh Pimpinan OPD dan pimpinan unit wajib memiliki pemahaman dan melakukan upaya-upaya pengendalian inflasi di daerah sesuai dengan Tugas dan Fungsi masing-masing.

Irwan menambahkan setiap daerah diinstruksikan untuk membentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

“TPID wajib melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Tim Pengendali Pusat melalui TPID Propinsi secara triwulan atau sewaktu-waktu bila diperlukan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Putra Dewangga, SS, M.Si menyebutkan tujuan diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman bagi peserta tentang inflasi agar berfungsinya TPID sebagaimana mestinya, terkendalinya inflasi di Padang Panjang.

Tujuan TPID sendiri secara umum untuk menjaga inflasi daerah yang stabil dan rendah serta menjaga lonjakan kenaikan dan penurunan harga yang dapat merugikan masyarakat.

“Kita berharap TPID dapat bekerja sesuai fungsinya karena saat ini pertumbuhan ekonomi tinggi, jangan sampai inflasi daerah juga ikut tinggi,” tutup Putra. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*