Pengguna Twitter Yang Juga Menjadi Buzzer

Ilustrasi

Ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Bagi yang sudah berkecimpung lama di dunia sosial media, pasti setidaknya pernah mencicipi rezeki menjadi Buzzer. Dalam media sosial, buzzer adalah orang-orang yang menyampaikan pesan untuk mengiklankan suatu produk tertentu kepada masyarakat melalui media sosial.

Adalah Citra Natasya, juara favorit Cosmogirl of the year tahun 2005 ini merupakan salah satu pengguna twitter yang juga menjadi buzzer hingga saat ini. Melalui akun twitternya @CitraNatasya yang diikuti sebanyak 19 ribu follower ini, sudah dipercaya oleh lebih dari 10 perusahaan untuk mengiklankan produk maupun jasanya.

“Ada lebih dari 10 perusahaan di bidang makanan, snack, susu, dan make up yang minta tolong sama aku buat diiklanin. Tapi dari semuanya, ada yang continue ada juga yang cuma minta iklanin sekali saja,” ungkap Citra ketika dihubungi, Jumat (10/4).

Untuk menjadi seorang buzzer bisa diukur dari jumlah follower-nya. Bukan hanya itu, seorang buzzer juga harus memiliki kemampuan membangun pembicaraan atau percakapan, sehingga bisa membuat sebuah topik jadi sebuah pembicaraan bukan saja di dunia online tapi juga di kehidupan sehari-hari.

Citra menuturkan para pemilik brand tersebut memilihnya karena followersnya didominasi oleh anak muda, sehingga dinilai sesuai dengan target audience. Bukan hanya itu, wanita kelahiran Jakarta, 16 Juli 1990 ini juga sering mengikuti seminar-seminar, sehingga para perusahaan bisa meyakini bahwa Citra mampu memasarkan produknya.

Untuk cara kerjanya sendiri, Citra mengungkapkan, para perusahaan memberinya deadline untuk memasarkan produk dalam satu postingan. Isi postingan yang harus di-tweet juga sudah diarahkan isinya, termasuk harus mention akun siapa dan menggunakan hashtag apa.

“Supaya bisa munculin interaksi dari postingan tersebut, padahal itu settingan,” imbuh mantan Marketting Communication Manager KapanLagi Network Group ini.

Dalam satu kali twit, Citra bisa meraih keuntungan di atas Rp 1 juta. Namun jumlah tweet dalam sehari tidak menentu, tergantung kontrak kerja yang diberikan oleh perusahaan.

Tentunya, menjadi buzzer membawa keuntungan baginya. Bagaimana tidak, selain untuk silaturahmi dan berbagi informasi, menjadi buzzer juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang tambahan.

(rnd/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*