Penghargaan Lagi, BI Kasih Penghargaan Payakumbuh Pengendalian Inflasi

Walikota Payakumbuh terima penghargaan BI

Walikota Payakumbuh terima penghargaan BI

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kota Payakumbuh satu dari 13 kota dan kabupaten di Indonesia yang diberi Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi Bank Indonesia 2016. Kota Payakumbuh menyelamatkan BI Perwakilan Sumatera Barat, sebagai nominator dalam program pengendalian inflasi di Tanah Air. Nama provinsi Tuah Sakato itu jadi berkibar dalam iven nasional yang digelar Bank Indonesia tahun ini.

Dengan prestasi tersebut, Payakumbuh menerima penghargaan  Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi Bank Indonesia 2016. Diterima langsung  Ketua Keltan Bina Bersama Kelurahan Payobasung,  Kecamatan Payakumbuh Timur, Mawardi   bersama Walikota H. Riza Falepi dari tangan  Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo , dalam acara di Gedung Utama BI Jakarta, Senin (25/4).

Dalam penerimaan penghargaan itu juga ikut mendampingi ketua keltan dan walikota Kepala BI Perwakilan Sumbar Puji  Atmoko dan  Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan, Ir. Zulinda Kamal. Selain penghargaan dan piala mini, Keltan Bina Bersama sebagai pemenang untuk  kategori potensial diganjar dana pembinaan oleh BI sebesar Rp15 juta.

Sukses Payakumbuh dalam program pengendalian inflasi tak lepas dari keberhasilan Kelompok Tani Bina Bersama Kelurahan Koto Baru  Payobasung dalam meningkatkan produksi sejumlah tanaman hortikultura. Keltan binaan Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan, itu sejak 2015 dibina Bank Indonesia dalam budidaya cabe dan tanaman holtikultura lainnya, sejak hulu hingga hilir.

Keltan Bina Bersama setiap hari menghasilkan lebih kurang 2,8 ton/hari segala macam sayuran, jagung dan cabe yang dipasarkan melalui STA Koba Jaya dengan nilai transaksi Rp270 juta/bulan. Keltan beranggotakan 30 petani ini, menerapkan pola tanam serentak serta punya rumah bibit untuk disalurkan pada anggota.

Bank Indonesia Perwakikan Sumbar yang melakukan  pendampingan peningkatan produksi pertanian Keltan Bina Bersama, dikatan Puji Atmoko, ikut memfasilitasi Keltan Bersama dalam mendapatkan permodalan dan peningkatan sumber daya manusia petani dalam pemakaian teknologi pertanian.

Menurut Puji, peningkatan produksi tanaman hortikultura di Payakumbuh dan Sumbar pada umumnya, akan mampu menekan angka inflasi nasional dan Sumatera Barat, sebut Puji.

Tek foto. Gubernur BI menyalami Walikota Riza Falepi yang sukses menekan inflasi dari sektor pertanian bersama Ketua Keltan Bina Bersama Mawardi.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*