Pentingnya Pemahaman Tentang Zakat Kepada Masyarakat

Dialog interakti Baznas Agam Dedi Efendi di ruang Radio SAM FM Lubuk Basung.

Dialog interakti Baznas Agam Dedi Efendi di ruang Radio SAM FM Lubuk Basung.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam atau pondasi dalam ajaran agama, khususnya pada aspek ekonomi, dimana salah satu tujuan syariah adalah terkait dengan penjagaan sumberdaya ekonomi umat.

Zakat merupakan satu−satunya cara untuk membersihkan harta dari segala kekotoran yang menghinggapinya. Maka dari itu, tidak dapat ditawar−tawar lagi, zakat adalah perintah Allah yang mutlak harus dipenuhi. Saat ini masyarakat lebih cenderung mengetahui akan zakat fitrah saja, sedangkan zakat memiliki banyak macam dan jenisnya, seperti zakat Maal yaitu zakat atas harta yang memenuhi kriteria untuk dikeluarkan zakatnya, serta zakat Fitrah yang merupakan zakat atas setiap jiwa.

Hal itu seperti dikatakan oleh Dedi Efendi, SPd. M.Fis selaku seksi pengumpul zakat di Baznas Agam pada saat berdialog di program radio Suara Agam Maimbau (SAM FM), Kamis (30/4) pagi. Menurutnya, pemberian pemahaman terhadap masyarakat akan makna zakat itu sendiri sangat diperlukan, sehingga masyarakat dapat mengetahui jenis-jenis zakat.

“Saat ini masyarakat hanya mengetahui tentang zakat fitrah saja, sedangkan zakat itu banyak macam dan jenisnya sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan penyuluhan. Selain itu, ada tiga kelompok kekeliruan tentang pemahaman zakat yakni, terlalu menyempitkan zakat, terlalu memperluaskan zakat dan adanya kesalahan pengelolaan zakat, sehingga dengan talk show ini dapat memberikan pencerahan tentang cara pengumpulan zakat, disamping menyalurkan zakat kepada delapan asnaf yang wajib menerima zakat itu,” jelas Dedi Efendi.

Selain itu, BAZNAS Agam juga terus memberikan sosialisasi baik perseorangan maupun melalui kelompok yaitu, kepada para ustad, garin dan imam masjid diwilayah Agam dengan melibatkan Kamentrian Agama Kabupaten Agam dalam melakukan berbagai sosialisasi tersebut, sehingga kesadaran masyarakat akan kewajiban mengeluarkan zakat dapat meningkat.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*