Penyebab Gangguan Pencernaan Yang Biasa Dirasakan

Ilustrasi sakit perut

Ilustrasi sakit perut

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Apakah Anda sering mengalami nyeri ringan atau rasa tidak nyaman di perut setelah makan? Itu bisa disebabkan oleh dispepsia, yang umumnya dikenal sebagai gangguan pencernaan. Dengan memahami apa penyebab dari masalah Anda, Anda bisa mencari pengobatan yang tepat untuk itu. Berikut adalah beberapa penyebab dari dispepsia atau gangguan pencernaan, seperti dilansir healthmeup.com.

1. Kebiasaan makan yang buruk
Kebiasaan makan yang buruk atau tidak sehat bisa menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk makan terlalu cepat, makan sesuatu yang sangat berat, dan makan terlalu banyak lemak atau terlalu pedas.

2. Alkohol
Alkohol membuat sel-sel tubuh Anda mengalami dehidrasi, membuat mereka mengerut dan rusak. Untuk itu, Anda harus belajar untuk membatasi konsumsi alkohol untuk mencegah gangguan pencernaan.

3. Merokok
Merokok bisa membunuh nafsu makan dan menyebabkan makanan yang Anda konsumsi dicerna untuk waktu yang lama, yang akhirnya menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Kafein
Makanan dan minuman yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, karena kafein dapat memicu asam lambung. Kafein juga menyebabkan kembung dan kram. Cobalah untuk membatasi asupan kafein, satu atau dua cangkir per hari.

5. Olahraga setelah makan
Sangat penting untuk makan sesuatu sebelum Anda berolahraga, tetapi Anda perlu memberi rentangan waktu antara waktu makan dan olahraga. Minimal 30-60 menit sebelum olahraga. Setelah makan, sirkulasi darah akan terkonsentrasi di sekitar sistem pencernaan, namun olahraga menarik darah menjauh, ke otot, yang pada akhirnya mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan gangguan pencernaan.

6. Obat
Obat-obat tertentu dapat mengganggu sistem pencernaan. Nitrat misalnya, yang diambil untuk memperlebar pembuluh darah, dapat berhenti di antara perut dan kerongkongan, yang memungkinkan asam untuk kembali melalui itu. Suplemen zat besi, obat penghilang rasa sakit, beberapa antibiotik dan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) juga dapat mempengaruhi pencernaan.

7. Obesitas
Kelebihan berat badan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, karena peningkatan berat badan menempatkan tekanan pada sistem pencernaan, menyebabkan asam lambung bocor keluar dan naik ke kerongkongan.

Inilah tujuh penyebab gangguan pencernaan yang biasa Anda rasakan.

(des/uil)

One comment

  1. Alhamdulillah, aku bukan orang yang suka merokok dan minum minuman keras.
    Mkasih infonya, Jika berkenan kunjungi blog kami juga…
    Manfaat Susu Kambing bagi kesehatan tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*