Penyebab Tidur Saat Dikantor

ilustrasi

ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Bagi Anda yang bekerja di kantor atau menjadi pekerja kantoran, perasaan kantuk yang datang di siang hari terutama setelah jam makan siang menjadi hal yang lumrah atau bahkan sering untuk Anda alami. Hal ini tidak menjadi masalah ketika Anda bisa meluangkan waktu untuk tidur siang barang sejenak. Namun rasa kantuk yang tidak kunjung ditaklukan ditambah dengan beban pekerjaan yang semakin banyak menjadi masalah tersendiri.

Sebenarnya, Anda mungkin sudah melakukan beberapa tips sehat guna mencegah ngantuk di siang hari saat bekerja. Mulai dari minum banyak air, istirahat lebih awal di malam sebelumnya, dan mungkin berjalan-jalan di sekitar kantor guna menghilangkan rasa kantuk tersebut.

Jika cara tersebut tidak manjur juga, mungkin Anda harus mencari tahu penyebabnya.

“Kurangnya waktu istirahat di malam hari masih menjadi penyebab kenapa Anda merasa kantuk di siang hari. Responden kami menjelaskan bahwa kondisi di lingkungan sekitar atau kamar tidur yang tidak mendukung seperti kasur yang tidak nyaman, suara dari luar kamar tidur, hingga lampu tidur yang terlalu terang membuat banyak orang sulit untuk memejamkan mata,” ujar Jennifer Turgiss dari lembaga penelitian National Sleep Foundation (NSF). “Selain itu tahukah Anda bahwa kualitas sistem kekebalan tubuh yang lemah karena derita penyakit kardiovaskular, diabetes, dan obesitas juga mampu menginterupsi kualitas tidur Anda.”

Atas dasar itulah kemudian Turgiss pun menyarankan Anda untuk mulai menciptakan suasana yang nyaman bagi Anda untuk tidur. Kemudian maksimalkan aktivitas Anda di siang hari sehingga Anda bisa tertidur cepat. Terakhir, jangan mengonsumsi menu makan siang yang didominasi karbohidrat atau protein sebab membuat sistem pencernaan Anda bekerja terlalu keras sehingga membuat Anda mudah mengantuk.

(feb/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*