Penyembelihan Hewan Qurban Dibanding Tahun Lalu Ada Penurunan Kasus

Padang Panjang, Padang-Today.com – Hari kedua lebaran Idul Adha 1439 H, masih banyak Masjid/ Mushalla yang melaksanakan penyemblihan hewan Qurban.Hewan Qurban yang akan disembelih akan diperiksa kesehatan sebelum dan setelah penyembelihan. Kemarin hingga saat ini, penyembelihan dan pemeriksaan hewan Qurban untuk Kota Padang Panjang berjumlah 601 ekor.

Advertisements

“Benar sekali, hingga siang ini kami telah mendapatkan data bahwa jumlah hewan qurban yang di sembelih itu berjumlah 601 ekor dengan jumlah sapi jantan 558 ekor, 16 ekor sapi betina dan kambing 27 ekor”, jelas Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Wahidin Beruh di Masjid Darussalam, Kamis (23/8).

Hasil pantauan saat dilapangan tidak begitu banyak ditemukan hewan qurban yang mengalami masalah yang serius seperti sakit atau cacat. Artinya, rata – rata hewan qurban tersebut kondisinya baik.

Seperti di Masjid Darussalam dan Masjid Assyifa yang terletak di daerah Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur. Untuk Masjid Darussalam sendiri ada 7 ekor sapi yang disembelih memenuhi kondisi yang baik menurut syariatnya.

“Mulai dari umur hingga kesehatannya itu sudah baik, bahkan kita juga melihat cara penyembelihannya yang benar menurut syariat dan yang teralhir itu kita periksan bagian dalam dari hewan tersebut seperti hati, jantung dan limpanya”, sebut Wahidin.

Sementara di Masjid Assyifa sendiri ada 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang disembelih. Disana, kondisi kesehatan sapi dan kambing masih baik dari faktor luar. Tapi bagian dalamnya ditemukan beberapa faktor.

“Disini, kami ada menemukan cacing hati pada sapi dan kambingnya, itu bukan berarti daging hewan tersebut tidak bisa dikonsumsi, hanya saja yang yang terkena akan dibuang dan yang lainnya masih bisa dikonsumsi”, terangnya.

Jika dibanding Idul Adha tahun lalu, jumlah 656 ekor hewan qurban dengan kasus cacing hati sebanyak 60 kasus dan 57 ekor tidak cukup umur, dengan jumlah titik lokasi pemeriksaan 118 titik. Sementara di tahun ini dengan jumlah hewan qurban yang ada, ditemukan 36 kasus cacing pita dan 18 ekor hewan tidak cukup umur dengan 94 titik lokasi pemeriksaan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*