Peresmian dan Pelantikan Rektor Universitas Moh. Natsir Bukittinggi

Peresmian dan Pelantikan Rektor Universitas Moh. Natsir Bukittinggi.

Peresmian dan Pelantikan Rektor Universitas Moh. Natsir Bukittinggi.

Advertisements

Bukittinggi, PADANGTODAY.COM-Gubernur Irwan Prayitno meresmikan keberadaan Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi di Gedung Triarga Bukittinggi, Sabtu sore (13/6). Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Ismet Amzis, Ketua Kopertis X, Rektor Muslim Suardi, MSi, Apt. Ketua YARSI, Utusan dari Unand, serta tokoh-tokoh pendiri lainnya.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan, keradaan Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Barat selama ini ikut memberikan kontribusi dalam pembangunan sektor pendidikan dan ikut meningkatkan SDM dalam berbagai bidang pembangunan yang telah, sedang dan akan di Sumatera Barat. Hal ini juga memberikan sebuah pesan nyata bahwa masyarakat Sumatera Barat amat cendrung ingin sekolah lebih tinggi dan tidak puas dan akan terus berupaya menambah pendidikan lebih tinggi lagi.

Ini juga memperlihatkan bahwa sejarah perjalanan bangsa telah memperlihatkan kepada kita bagaimana banyak tokoh dan pahlawan nasional dari daerah ini, yang lebih pada kehebatan perjuangan intelektualnya, dan amat sedikit yang memperlihatkan kekuatan otot. Dan dari perkembangan saat ini pun terlihat dari peningkatan APK, APM, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menunjukan masyarakat Sumbar memang memiliki keinginan menambah pendidikan mereka lebih tinggi tanpa melihat batas usia, ujarnya.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, ada data hasil survei yang menyatakan tingkat kebahagian masyarakat Sumbar rendah. Kondisi ini memperlihatkan tingkat positif masyarakat Sumbar yang tidak pernah puas pada sesuatu produktifitas yang telah dilakukan. Ketidak puasan ini tentunya menjadi keinginan untuk terus berupaya lebih baik dalam kesejahteraan hidupnya.

Karena itu tidak salah pula pertumbuhan perguruan tinggi baik, negeri maupun swasta terus hidup berkembang dengan baik. Ini juga terlihat dari pertumbuhan jumlah mahasiswa yang setiap waktu mengalami peningkatan. Wajar dan pantaslah Sumbar merupakan daerah penghasil SDM yang baik, selain juga tingkat keinginan bersekolah yang tinggi juga dibuktikan dengan kualitas SDM kita yang memiliki daya saing yang baik pula, baik nasional maupun internasional.

Oleh karena itu kehadiran Universitas Mohammad Natsir ini, akan ikut pula meramaikan kemajuan perkembangan pendidikan di Sumatera Barat. Dan keinginan orang minang untuk terus meningkatkan pengetahuan dan pendidikan akan dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan dinamika perkembangan zaman, harapnya.

Walikota Bukittinggi Ismed Amzis juga dalam kesempatan terserbut menyampaikan, pemko Bukittinggi memiliki tanggung jawab untuk terus mendorong berkembangnya Univesitas Moh. Natsir, karena selain kita menularkan ketokohannya juga bagaimana Bukittinggi juga mampu memberikan peningkatan SDM yang berkarakter bagi bangsa dan negara ini.

Kita amat berharap Universitas Moh. Natsir nantinya juga akan menjadi kebanggaan dan menjadi daya tarik kemajuan pendidikan dan perkembangan pembangunan di Kota Bukittinggi itu sendiri, ajaknya.

Univesitas Moh. Natsir merupakan PTS yang ke 247 dari PTS yang ada di Sumbar, Riau dan Jambi diwilayah Kopertis X. Dan dalam kesempatan tersebut diawali dengan pelatikan Rektor Univ. Moh. Natsir Dr. Muslim Suardi Msi, Apt oleh Ketua Yayasan.

Universitas Moh. Natsir didirikan oleh YARSI Sumbar yang dipelopori oleh Moh. Natsir bersadarkan Kittah dan Perjuangan Moh. Natsir dan atas kesepakatan bersama didirikan pada tanggal 16 oktober 2014, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 501/E/O/2014.

(Humas Sumbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*